;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2 3   Go Down

Author Topic: MARGA T. - Karmila, dll  (Read 10485 times)

Elenaaa

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5844
MARGA T. - Karmila, dll
« on: December 08, 2007, 10:56:26 AM »

Marga T.

Marga Tjoa (lahir 1943), yang lebih dikenal dengan nama Marga T., adalah salah seorang pengarang Indonesia yang paling produktif. Namanya mulai dikenal pada tahun 1971 lewat cerita bersambungnya, Karmila yang kemudian dibukukan dan difilmkan.

Sejak kecil Marga telah banyak menulis. Karangan-karangannya mula-mula dimuat di majalah sekolahnya. Pada usia 21 tahun, ia menghasilkan cerita pendeknya yang pertama, Kamar 27, yang kemudian disusul oleh bukunya yang pertama, Rumahku adalah Istanaku, sebuah cerita anak-anak, yang diterbitkan pada 1969.

Sebagai penulis, Marga adalah seorang pekerja keras. Ia dapat menghabiskan waktu empat hingga lima jam sehari dalam mengarang. Kedisiplinannya juga tampak dari kegiatannya membaca apa saja. "Masyarakat berhak memilih bacaan yang disukainya, tapi penulis tidak. Ia harus membaca tulisan siapa pun," begitu prinsip Marga. Karena itu ia rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli novel.

Novelnya yang paling mutakhir, "Sekuntum Nozomi", buku ketiga, yang terbit pada 2004, mengangkat kisah seputar tragedi Mei 1998 yang menelan banyak korban khususnya di kalangan kaum perempuan keturunan Tionghoa.

Aneka rupa

    * Hingga kini Marga telah menerbitkan 128 cerita pendek dan 67 buku (untuk anak-anak, novel serta kumpulan cerpen).
    * Marga tidak ingin terlalu dikenal masyarakat karena khawatir bahwa ia tidak bisa lagi bebas naik bus atau pergi ke bioskop.
    * Marga adalah seorang dokter lulusan Universitas Trisakti, Jakarta. Karena itulah dalam banyak novelnya Marga memperlihatkan pengenalannya yang cukup dalam terhadap dunia medis.
    * "Karmila" telah dicetak berulang kali sehingga ia dapat mengumpulkan uang untuk mengunjungi Eropa, suatu pengalaman yang ingin didapatkannya sebelum ia terikat sebagai dokter. Namun dalam kunjungannya ke Eropa itulah ia bertemu dengan seorang insinyur teknik kimia, sesama alumnus Trisakti, yang kemudian menjadi suaminya.

Bibliografi

Daftar berikut ini memuat sebagian dari karya Marga Tjoa:

    * Sekuntum Nozomi (buku satu hingga keempat) - (2002-2006)
    * Dibakar Malu dan Rindu (2003)
    * Dipalu Kecewa dan Putus Asa (2001)
    * Amulet dari Nubia (1999)
    * Dicabik Benci dan Cinta (1998)
    * Didera Sesal dan Duka (1998)
    * Matahari Tengah Malam (1998)
    * Melodi Sebuah Rosetta (1996)
    * Dikejar Bayang-bayang (1995)
    * Sepagi Itu Kita Berpisah (1994)
    * Rintihan Pilu Kalbuku (1992)
    * Seribu Tahun Kumenanti (1992)
    * Berkerudung Awan Mendung (1992)
    * Sonata Masa Lalu (1991)
    * Bukan Impian Semusim (1991)
    * Namamu Terukir di Hatiku (1991)
    * Istana di Kaki Langit (1990)
    * Petromarin (1990)
    * Waikiki Aloha: kumpulan satir (1990)
    * Kobra Papageno: Manusia Asap dari Pattaya (1990)
    * Kobra Papageno: Rahasia Kuil Ular (1989)
    * Di Hatimu Aku Berlabuh (1988)
    * Ketika Lonceng Berdentang: cerita misteri (1986)
    * Kishi: buku kedua trilogi (1987)
    * Batas Masa Silam: Balada Sungai Musi (1987)
    * Oteba: buku ketiga trilogi (1987)
    * Ranjau-ranjau Cinta (1987)
    * Sekali dalam 100 tahun: kumpulan satir (1988)
    * Tesa (1988)
    * Sembilu Bermata Dua (1987)
    * Setangkai Edelweiss: sambungan Gema Sebuah Hati (1987)
    * Untukmu Nana (1987
    * Saskia: sebuah trilogi (1987)
    * Bukit Gundaling (1984)
    * Rahasia Dokter Sabara (1984)
    * Saga Merah (1984)
    * Fatamorgana (1984)
    * Monik: sekumpulan cerpen (1982)
    * Sebuah Ilusi (1982)
    * Lagu Cinta: kumpulan cerpen (1979)
    * Sepotong Hati Tua (1977)
    * Bukan Impian Semusim (1976)
    * Gema Sebuah Hati (1976)
    * Badai Pasti Berlalu (1974)
    * Karmila (1971, dibukukan (1973)
    * Rumahku adalah Istanaku (1969)
 
(source : wikipedia)
PS : poto nyusul yah.. inet gue lagi lelet, ntar klo dapat, gue edit deh  ;)
mari kita bahas nopel² nya doi di tret ini, klo gue sejak baca yg judulnya TESA abis itu semangat banget ngebaca nopelnya tante kita ini  :) tapi seingat gue, nopel pertama tante yg gue baca yg judulnya Bukan Impian Semusim, pas gue kelas 6 SD dulu, nyuri nopel nya tante gue  ;)
« Last Edit: September 16, 2009, 05:04:15 PM by Ies-tea »
Logged

n3tr4lg1rl

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26737
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #1 on: December 13, 2007, 05:08:59 AM »

waduh ini penulis favorit gue banget deh. sukaaaaa banget sama novel2nya.

dari karmila, badai pasti berlalu, sepagi itu kita berpisah, dicabik benci dan cinta dst dst gue semua sukaaaaaaa  :D
Logged


 [lovestruck] Lee Cha Don & Bok Jae In in Incarnation of Money[lovestruck]

i_love_abe

  • Chingu
  • **
  • Keong: 10
  • Offline Offline
  • Posts: 1177
  • i miss you, be...
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #2 on: December 14, 2007, 05:06:38 PM »

Abe paling suka Karmila...

Gak pernah bosen deh walau itu novel bacaan papa mama abe...
Logged

Sweet Sassy GirL ChunHyang

Elenaaa

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5844
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #3 on: December 20, 2007, 11:45:08 AM »

klo gue paling paporit ma nopel yg satu ini :

AMULET DARI NUBIA

Ketika Fertiti mewarisi amulet yang sudah berusia ribuan tahun itu, dia tidak menyangka hidupnya akan hancur berantakan, sebab benda itu ternyata selalu minta korban jiwa. Berturut-turut dua orang laki-laki yang mencintainya tewas secara mengenaskan. Ketika dia dipaksa menolak laki-laki ketiga, dilepaskannya amulet itu. Namun sudah terlambat. Laki-laki yang dicintainya sudah membencinya. Selain itu, pemilik amulet yang baru ternyata menghendaki tubuhnya yang masih perawan.

"Aku bisa memindahkan arwahku ke dalam tubuhmu, Ti! Dan kau takkan bisa mengelak!"

Ancaman maut itu menyebabkan Fertiti nyaris gila saking ketakutan. Dia harus segera kawin agar tubuhnya tidak lagi berguna bagi pemilik amulet itu.
Tapi dengan siapa???

ini salah satu nopel yg paling keren yg pernah gue baca !!  8)
Logged

aihana

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8063
  • Du di du di dam dam .. du di du di dam
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #4 on: January 08, 2008, 11:49:31 AM »

Marga T adl salah satu indo pertama yg gw suka
novel pertama yg gw baca "badai Pasti Berlalu"
bac waktu smp, novel masih terbitan lama
bagus banget bin kocak
makanya pas di sinetronkan rada kecewa ama hasilnya
untung yg main ari wibowo  ;D
suka juga ama yg judulnya Tessa kl gak salah
Logged


So sexy .. *nosebleed

Elenaaa

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5844
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #5 on: January 08, 2008, 02:56:54 PM »

wah yang Tessa tuh bagus juga, gak ada matinya nopel yang satu itu chingu, gue juga suka banget  :D

Badai Pasti Berlalu tuh, sampe saat ini keknya sering banget deh dibuat movie dan sinetron, saking kerennya  :D
Logged

snowflake

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5814
  • fu fu fu....
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #6 on: January 15, 2008, 08:46:30 PM »

gue suka banget ma Karmila, ampe baca novel turunan dari emak gue yg dah kuning banget ampe waktu ada cetakan barunya gue langsung tuh beli..bagussss..top abis dah ga ada yang ngalahin. ;D
Logged
“A heart weighs more when it splits in two; it crashes in the chest like a broken plane.” ― Mitch Albom, The Time Keeper
 

whatea

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 22686
  • One of best actor
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #7 on: January 28, 2008, 12:30:36 PM »

Elena ikutan ya, gw paling suka novelnya Marga T karena gak terlalu 'jahat'  ;D maklum kalo Mira W seringnya tokoh psikopat terus, jadi agak kaget bacanya. Novel Marga T yg paling gw suka: Badai Pasti Berlalu, Matahari Tengah Malam (bener2 novel yg oke, lucu dan bikin gw pengen punya cowok kayak dr. Titus ;D), Seribu Tahun Kumenanti (lagi2 ada dokter yg bikin gw percaya true love ;D coba ada cowok sesetia dr. Paul), terakhir Namamu terukir dihatiku (sebenernya kurang suka ma alurnya yg terlalu sederhana dan menurut gw kurang nendang, tapi lumayan lucu bayangin tingkahnya Atila merajuk :))
Logged

pe@celovers

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 36
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #8 on: January 29, 2008, 02:10:18 PM »

Aaa... jadi kangen baca novel2nya lagi..
Logged
Hahaha...

carrie_fed26

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 780
Re: Marga T. Mania !!
« Reply #9 on: February 03, 2008, 06:51:38 PM »

ikutan ya Elena.... aku dari tadi uda posting terus di thread kamu neh... ternyata selera kita sama....

aku paling suka Bukan Impian Semusim (tapi yg happy ending).. trus ama yg prekuelnya Sekuntum Nozomi.... lupa judulnya.... yg ceritanya bapaknya dituduh antek PKI... makanya dibunuh ama Jenderal... trus ni cewek ketemu cowok... ternyata cowoknya itu adalah anak jenderal yg dulu bunuh bapaknya.... bgs bgt itu.. sayang akhirnya jelek.... >:(

Amulet dari Nubia juga bgs...

yg aku kagum dari Marga T itu.... banyak tokoh di novel2 yg pernah dia terbitin itu.. nyambung.... kayak tokoh Siska and Leo.. dari "badai pasti berlalu".... mereka itu kan muncul terus di novel2 setelah itu.... di Amulet dari Nubia, Sekuntum Nozomi... seakan2 semua karyanya itu punya benang merah satu sama lain..
Logged
"I don't quit once I step on court. Guess you got to drill me one in the eye, then maybe. But otherwise, I don't quit." - Roger Federer
Pages: [1] 2 3   Go Up