;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9 ... 20   Go Down

Author Topic: [ASK] CAMERA DIGITAL  (Read 41241 times)

nat_phoenix88

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9.425
  • kolam korea
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #40 on: March 06, 2008, 06:05:50 am »

hmm.. kalo hrg memori CF buat canon d400, brp ya yang 2GB?
ternyata ribet juga ngurusin kameranya!!!!!
apa aj ya.. basic2 penting bwt ngerawat n pemakaian?
thx b4
Logged

xugari

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 6.149
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #41 on: March 06, 2008, 06:38:41 am »

CF 2GB standard sekitar 180rb, yg 2GB Extreme III 390rb, Extreme IV 860rb


-------------------


Tips Merawat Camera Digital


• Jauhkan dari Kapur Barus

Kapur barus termasuk benda perusak yang sangat 'ampuh' terhadap kamera, yang dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera yang lain, yang berbahan dasar karet. Pada kamera elektronik, kapur barus bisa merusak jalur pada PCB (Printed Circuit Board), yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Bahka uap kapur barus itu juga dapat menodai dan membuat 'flek' pada lensa.

Sebaiknya, simpanlah kamera di tempat yang kedap udara, sejuk dan kering. Jika harga lemari khusus untuk penyimpanan kamera terlalu mahal bagi anda, anda bisa mencari media penyimpanan alternatif sebagai penggantinya. Seperti misalnya, anda dapat menyimpan kamera dalam stoples yang tertutup rapat dan di dalamnya diberi silica gel, untuk menyerap kelembabannya.

Atau, anda bisa juga menyimpannya dalam lemari yang telah diatur sirkulasi udara dan kelembabannya. Caranya, dengan memasang lampu berkekuatan 5 watt dan diletakkan pada jarak kurang lebih 40 cm di atas kamera dan perlengkapan yang lainnya. Jangan lupa untuk membuka pembungkus kamera dan membersihkannya dari debu sebelum menyimpannya.

Ingat, kerusakan kamera yang diakibatkan oleh kapur barus biasanya tak bisa diperbaiki lagi. Maka, jangan sekali-kali menyimpan kamera di dalam lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian.

• Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari

Jagalah kamera agar jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. Panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lainnya.

• Jagalah dari Goncangan yang Berlebihan

Jangan lupa untuk menaruhnya di dalam tas khusus kamera, guna menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Taruhlah kamera di tempat yang aman dan tahan terhadap guncangan.

• Bersihkan Kamera dan Lensa

Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian luar fisik kamera, gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Sedangkan untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Selain blower, juga bisa digunakan kuas berserabut halus, yang belum pernah dipergunakan pada benda yang lain.

Untuk membersihkan lensa yang terkena noda, misalnya terkena jari yang berminyak atau air keringat dari pemakai, pakailah tissue khusus yang banyak dijual di toko

• Hindari Goresan pada Lensa

Untuk menghindari goresan, sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanen di bagian depannya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa, usahakan selalu memasang 'bodycup' penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

• Hindari Air Laut

Jika anda menggunakan kamera di pantai, jagalah agar kamera tak terkena air laut atau bahkan jatuh ke dalamnya. Air laut sangat jahat dan penyebab karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lainnya. kecuali yang memang dirancang untuk bisa beradaptasi dengannya.

Sehabis digunakan di daerah pantai, pembersihan kamera wajib dilakukan sesegera mungkin. Uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir garam yang menyebabkan karat pada kamera. Jika suatu saat, tanpa sengaja kamera anda tercebur ke dalam air laut, langsung rendam kamera anda ke dalam air tawar, kemudian bilaslah berkali-kali untuk menghilangkan bekas-bekas air laut.

Proses pengrusakan oleh air laut berlangsung sangat cepat dan dalam hitungan menit setelah tercebur, sehingga bila pembilasan air ini tidak dilakukan sesegera mungkin, kamera yang tercebur ke dalam air laut tak akan bisa diselamatkan. Setelah dibilas hingga bersih dari air laut, bawa segera ke ahli servis kamera untuk membersihkannya dan mengeringkan kamera tersebut.

• Service di Tempat Terpercaya atau Resmi

Secara berkala, dalam kurun waktu tertentu, sebaiknya kamera digital diservis ke tempat khusus, terpercaya dan malah lebih bagus yang resmi. Jangan tunggu kamera rusak kemudian baru diservis. Servis yang dimaksud adalah 'servis besar', yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kamera.

Jangan terlampau sering mencuci lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Kaca lensa begitu peka. Makin sering dibersihkan, dapat mengakibatkan mutu gambar akan menurun. Untuk menjaga dan merawatnya, sebaiknya jangan disimpan di lemari pakaian anda, karena hal itu akan berpotensi mengundang jamur yang menempel di lensa bagian dalam kamera.

sumber: delta84.multiply
Logged

iinamelia

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 76
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #42 on: March 06, 2008, 03:02:31 pm »

xugari : aku mo beli canon power shot S5is kira2 bagus ga?
ada saran kamera alternatif yg lain yg mungkin lebih bagus
thank ya
Logged

xugari

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 6.149
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #43 on: March 06, 2008, 04:31:39 pm »

Wah aku juga awam sama Digicam lho, coba baca postingan2ku sebelumnya. Kalo suka sama 12x optical zoomyg besar dan flip LCDnya S5 IS udah Ok banget kok utk harga segitu. Biasanya orang suka bingung antara Canon S5 IS dan Canon G9. Coba deh baca2 di http://forum.digitalcamerareview.com/showthread.php?t=5185 dan http://www.dpreview.com/reviews/compare_post.asp?method=sidebyside&cameras=canon_s5is%2Ccanon_g9&show=all

Canon PowerShot S5 IS coba baca2 link http://www.google.com/search?client=opera&rls=en&q=Canon+PowerShot+S5+IS+vs.&sourceid=opera&ie=utf-8&oe=utf-8

baca2 alternatif digicam lain: http://www.dpreview.com/reviews/default.asp?view=rating

Kalo mau cepet pinter pake kamera coba gabung di http://www.fotografer.net/isi/forum/
« Last Edit: March 06, 2008, 05:00:06 pm by xugari »
Logged

nat_phoenix88

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9.425
  • kolam korea
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #44 on: March 06, 2008, 05:20:07 pm »

thx ya xugari atas infonya.
pgn beli yg standard aj, tp td lagi kosong, di mall hrgnya 200-an
Logged

vq

  • Tomodachi
  • ****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4.912
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #45 on: March 26, 2008, 03:05:59 pm »

sony T300 baru launching y
kira2 bagus ga??
kdg g binun, np product baru bukan dibikin lbh Ok dr yg dl2, tp kdg mala lbh turun dr yg dl2.. misalnya ky HP lo
Logged
 

shevatya

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.514
  • -------
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #46 on: May 17, 2008, 07:46:25 pm »

hy,,
mw tanya niyh,,
klo kualitas fujifilm gmn??
lumayan bagus gag???

xugari

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 6.149
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #47 on: May 17, 2008, 07:57:08 pm »


@shevatya
Fuji bagus kok, salah satu tipe legendarisnya adalah Fuji FinePix F31fd yg walaupun udah discontinued tp hasil fotonya relatif masih lebih bagus drpd tipe penerusnya.

@vq
model baru, fitur baru pasti promosinya lebiha bagus dr yg model lama kan? mending beli tipe yg udah beredar luas dan sesuai budget aja.
« Last Edit: May 17, 2008, 08:02:31 pm by xugari »
Logged

shevatya

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.514
  • -------
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #48 on: May 22, 2008, 12:37:49 pm »


@shevatya
Fuji bagus kok, salah satu tipe legendarisnya adalah Fuji FinePix F31fd yg walaupun udah discontinued tp hasil fotonya relatif masih lebih bagus drpd tipe penerusnya.



xugari


thanxx yahh,,,
klo digicam yg pocket nyah gmn??

xugari

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 6.149
Re: [ASK] CAMERA DIGITAL
« Reply #49 on: May 23, 2008, 03:07:01 pm »

Fuji yg pocket size yah.. coba deh liat Fuji Finepix Z10 fd desainnya lucu, warnanya macem2, ISO 1600, harganya 1,5jt, hasil foto lumayan, fitur juga lumayan. Coba liat hasil foto & baca reviewnya di http://www.cameras.co.uk/reviews/fuji-finepix-z10-fd.cfm


« Last Edit: April 02, 2011, 09:16:01 am by xugari »
Logged
Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9 ... 20   Go Up