;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2 3 4 5 6   Go Down

Author Topic: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???  (Read 4829 times)

watilady

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 294

FAKTA kebangsaan yang masih dan amat merisaukan setelah lebih dari setengah abad merdeka ialah paradoks Indonesia. Inilah negara dengan karunia maritim yang luar biasa, tetapi dikelola dengan mindset daratan.

Nusantara dengan 18.000 pulau adalah gugus arsipelago terbesar di dunia. Tetapi, pulau-pulau yang nyata-nyata terpisah dan tersebar itu dikelola dalam semangat sistem negara kesatuan yang sentralistis.

Ini semua mungkin sekali menjadi penyebab paradoks berikutnya. Yaitu Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa menjadi miskin luar biasa juga. Indonesia dengan demikian sesungguhnya memiliki semua syarat untuk menjadi hebat.

Impian besar, obsesi besar, dan keberanian besarlah yang mampu menggusur semua paradoks itu. Ini hanya lahir dari sebuah visi yang jauh ke depan, cerdas, dan tepat.

Salah satu mahakarya yang visioner adalah membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra yang melintasi Selat Sunda sejauh 29 kilometer. Bila terwujud, inilah jembatan terpanjang di dunia.

Prastudi kelayakan jembatan ini oleh sebuah konsorsium yang diprakarsai kelompok Artha Graha telah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung untuk diserahkan kepada Bappenas.

Sebuah perubahan yang dahsyat akan menyusul. Mobilitas barang dan manusia di antara dua pulau yang dihuni 78% penduduk Indonesia dan sumber 80% produk domestik bruto, itu akan meningkat amat pesat.

Banten dan Lampung, dua provinsi yang menjadi tuan rumah Jembatan Selat Sunda, menikmati lonjakan pertumbuhan 7% sampai 12%. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah jembatan ini akan menghasilkan penghematan luar biasa terhadap waktu dan ongkos penyeberangan barang, manusia, dan kendaraan bermotor.

Jembatan ini di kemudian hari, bila dikelola dengan baik termasuk pengelolaan aset-aset di sekitarnya, akan menjadi objek wisata yang memukau. Dan, juga dalam jangka panjang, Selat Sunda akan menjadi alternatif bagi Selat Malaka yang semakin padat dan dangkal. Inilah peluang yang terbuka dan menjanjikan.

Selain mendinamisasi potensi pertumbuhan ekonomi yang sangat besar bagi Jawa dan Sumatra, Jembatan Selat Sunda, menjadi simbol yang lebih nyata terhadap kesatuan Sabang sampai Merauke yang selama ini lebih bersifat ideal dan administratif. Bila kemudian dibangun lagi jembatan penyeberangan yang menghubungkan Jawa dan Bali, negara kesatuan semakin kasatmata dan nyata melalui rantai infrastruktur.

Sebuah mahakarya seperti Jembatan Selat Sunda tidak saja membutuhkan ongkos yang besar, tetapi juga komitmen hukum dan politik yang juga besar dan konsisten. Tidak bisa lagi ganti pemerintah ganti kebijakan.

Jembatan ini nantinya, tidak semata mahakarya dari sisi arsitektur dan teknologi, tetapi menjadi mahakarya karena mengangkat Indonesia ke tingkat peradaban dunia. Kredibilitas yang didapat karena peradaban adalah juga sumber kemakmuran dan martabat.

Hanya, tabiat publik terhadap infrastruktur harus diperhatikan betul. Jangan sampai nasib jembatan ini sama dengan Jembatan Suramadu yang mur dan bautnya dicuri tanpa bisa dicegah sampai hari ini. www.mediaindo.co.id

Menurut Anda......
« Last Edit: August 18, 2009, 08:48:38 AM by watilady »
Logged

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26150
Re: Jembatan Terpanjanga di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #1 on: August 18, 2009, 08:49:45 AM »

terwujudkah?? [yawn]

masih rencana! ;D

goomse

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1603
  • ::tiga ekor beruang::
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #2 on: August 18, 2009, 09:47:58 AM »

kalopun nih jembatan jadi,

gue gak yakin nasibnya gak sama ama suramadu
kecuali kalo ongkosnya naek jembatan 500rebu keatas, mungkin aksi kae gitu bisa dikurangi
Logged

fallen

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 889
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #3 on: August 18, 2009, 11:03:25 AM »

gw seh setuju aja..
dan sangat mendukung
dlm penyatuan pulau jawa,madura,
bali dan sumatera.....
moga2 aja segera terwujud
rencananya 4 tahun yah...
so thn 2013 sdh jd donk.....[thumbsup] [thumbsup]
Logged

Petrel

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 6415
  • Retired from sailing...
    • Republik Eusosialis Tawon
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #4 on: August 18, 2009, 01:27:41 PM »

kalopun nih jembatan jadi,

gue gak yakin nasibnya gak sama ama suramadu
kecuali kalo ongkosnya naek jembatan 500rebu keatas, mungkin aksi kae gitu bisa dikurangi

hehehe, bener2
skalian bwt mencegah arus gak terkendali dari sumatra ke jawa      ;D ;D ;D

omong2 tuh jembatan ada rencana ngelewatin krakatau juga?     ???

goomse

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1603
  • ::tiga ekor beruang::
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #5 on: August 18, 2009, 02:15:17 PM »

wah, kalo bisa sih jangan! [nono]
yang ada entar orang2 malah parno, deg2an kalo lewat
nah anak krakatau kan bentar2 meledug
tiba2 lo lagi lewat tuh jembatan, duar....!!


wew.... [worried]


lagian bisa ngerusak ekosistem di sana kan (greenpeace mode : on )
« Last Edit: August 18, 2009, 02:17:31 PM by goomse »
Logged

the new MELVINTC

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 21970
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #6 on: August 18, 2009, 07:10:36 PM »

Wah....udh jadi berita lama ini mah ;D

Malah udh pernah di post di 'sekedar pengetahuan'

Sabar aja deh,klo kt gw seh bakal terlaksana kyk Suramadu...tp wktunya blom tau deh..
Logged
~NOTHING compares to the promise I have in You,Lord~

Deswitat_Lrubich

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8889
  • Yeah
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #7 on: August 19, 2009, 01:55:52 AM »

masih planning kan......tapi lama mampus tuh jadinya ;D ;D...gpp biar gw kalo main ke lampung bisa pake motor [biggrin]
Logged
Don't Be late,Weapon is Ready

W_Harris

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 386
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #8 on: August 19, 2009, 03:14:47 AM »

gw seh setuju aja..
dan sangat mendukung
dlm penyatuan pulau jawa,madura,
bali dan sumatera.....
moga2 aja segera terwujud
rencananya 4 tahun yah...
so thn 2013 sdh jd donk.....[thumbsup] [thumbsup]


Bagus kalau indonesia punya jambatan jawa-sumetera, bisa memicu perkembangan ekonomi pulau jawa - sumatera. Apa betul rencananya 4 thn ... kalau mengikut Financial Times,  constructions bermula 2012 dan laluan akan dibuka 2025.  Krakatao ga jauh cuman 40km aja ...gpp diJepun jg ada gempa bumi, tapi jambatan antar pulau tetap dibina, masih kukuh kok. Untuk mengetahui rute(route) jambatan ini ada dibawah,


« Last Edit: August 19, 2009, 04:56:39 AM by W_Harris »
Logged
[/img]http://i76.photobucket.com/albums/j17/ferryman2393/math5.gif[/img] [/img]http://img269.imageshack.us/img269/4260/1malaysiaf1teamaktechpa.jpg[/img]


KapCil ---> signature maksimal 25 kb ya

Good Luck!!

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 96
  • Good Luck!!
Re: Jembatan Terpanjang di Dunia, Pulau Jawa - Sumatera Terwujudkah ???
« Reply #9 on: August 19, 2009, 03:39:55 AM »

ah..itu kan cuma proyek impian.. ;D


Bagus kalau indonesia punya jambatan jawa-sumetera, bisa memicu perkembangan ekonomi pulau sumatera. Apa betul rencananya 4 thn ... kalau mengikut Financial Times,  constructions bermula 2012 dan laluan akan dibuka 2025.  Krakatao ga jauh cuman 40km aja ...gpp diJepun jg ada gempa bumi, tapi jambatan antar pulau tetap dibina, masih kukuh kok.

ngawur!!
40 km dibilang ga jauh.. :D
ga bs dibandingin ma jepun lah..
disono jembatan nya paling panjang sekitar 9 km.. :D :D klo jembatan di jepun sih bandingin ma suramadu aja.. ;D lagian jembatan di jepun  cuma kuat nahan gempa sampe skala 7.. ;D beda ma jembatan yg deket krakatau, klo meleduk gempa nya pasti lebih parah.. ;D

oya..di tengah suramadu yg panjang nya 5 km, dlm keadaan tertentu, angin nya bisa buat mobil kebalik lho..
gmn jembatan jawa-sumatera.. :D bs buat sepeda motor terbang ahaha.. ;D
« Last Edit: August 19, 2009, 03:42:40 AM by Good Luck!! »
Logged

FORZA LA JUVE ALE!!!!
Pages: [1] 2 3 4 5 6   Go Up