;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2 3 4 5 ... 7   Go Down

Author Topic: Tokoh wayang  (Read 14582 times)

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Tokoh wayang
« on: January 23, 2008, 04:15:05 PM »

banyak dari anak muda jaman sekarang nggak tau tokoh pewayangan (termasuk aku) ;) ;) ;)

buat temen2 yang tau bisa share di sini, itung memperkenalkan budaya pada anak muda..  8) 8) 8)
Logged

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #1 on: January 23, 2008, 04:22:45 PM »

Antareja
Bapak                        :Werkudoro atau Bimo
Ibu                            : Nogogini seorang putri Dewo Antaboga.
Seaudara sekandung     : -
Saudara lain ibu           :1. Raden Gatotkoco (putra Bimo dengan Dewi Arimbi)
                                  2.Arya Anantoseno, putra Bima dengan Dewi Urangayu.

Kesaktian

Ia memiliki Ajian Upasanta pemberian Hyang Anantaboga. Lidahnya sangat sakti, mahluk apapun yang dijilat telapak kakinya akan menemui kematian. Ontorejo berkulit napakawaca, sehingga kebal terhadap senjata. Ia juga memiliki cincin Mustikobumi, pemberian ibunya, yang mempunyai kesaktian, menjauhkan dari kematian selama masih menyentuh bumi maupun tanah, dan dapat digunakan untuk menghidupkan kembali kematian di luar takdir. Kesaktian lain Anantareja dapat hidup dan berjalan didalam bumi.

Sifat

Ontorejo memiliki sifat jujur, pendiam, sangat berbakti pada yang lebih tua dan sayang kepada yang muda, rela berkorban dan besar kepercayaanya kepada Sang Maha Pencipta. Ia menikah dengan Dewi Ganggi, putri Prabu Ganggapranowo, raja ular di Tawingnarmada, dan berputra Arya Danurwenda.

Setelah dewasa Ontorejo menjadi raja di negara Jangkarbumi bergelar Prabu Nagabaginda. Ia meninggal menjelang perang Bharatayuddha atas perintah Prabu Kresna dengan cara menjilat telapak kakinya sebagai tawur (korban untuk kemenangan) keluarga Pandawa dalam perang Bharatayuddha.
Logged

transvaganza

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2146
Re: Tokoh wayang
« Reply #2 on: January 23, 2008, 07:45:34 PM »

AKu taunya PUNAKAWAN...hehehe
Semar, Gareng, petruk and Bagong.
Kwartet Punakawan...ciayo...
Logged

iyas-

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2166
  • my heart draws a dream
Re: Tokoh wayang
« Reply #3 on: January 24, 2008, 12:29:18 PM »

aku dulu pas SD ma SMP hapal lumayan banyak tu tokoh wayang, tapi skarang kok lupa ya.......  :-\
Logged
milan go scudetto

se_nui

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2583
Re: Tokoh wayang
« Reply #4 on: January 24, 2008, 10:52:52 PM »

wayang ...kayaknya ada dua cerita dari sana ya
mau kitap mahabarata apa ramayana nee???
kayaknya kalau sebangsa werkudoro,janaka, cs tu mahabarata ya
kalau ramayana tu kayak Anoman , Dasamuko, Sinta sma RAMA getu ya?
Logged

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #5 on: January 25, 2008, 08:15:24 AM »

wayang ...kayaknya ada dua cerita dari sana ya
mau kitap mahabarata apa ramayana nee???
kayaknya kalau sebangsa werkudoro,janaka, cs tu mahabarata ya
kalau ramayana tu kayak Anoman , Dasamuko, Sinta sma RAMA getu ya?

semua aja, tapi di kasih tau itu tokoh dari cerita mahabarata ato ramayana.
Logged

transvaganza

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2146
Re: Tokoh wayang
« Reply #6 on: January 25, 2008, 11:40:39 AM »

ramayana ballet....hehehe
yang aku suka itu si hanoman...
Logged

d_i_a_n

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 519
  • Into the turning point...
Re: Tokoh wayang
« Reply #7 on: January 25, 2008, 11:49:40 AM »

ramayana ballet....hehehe
yang aku suka itu si hanoman...

kayaknya trans pernah punya pengalaman jadi anoman ya?  ;D
tapi emang bener kok, waktu nonton ramayana di prambanan aku paling suka liat adegan anoman obong. pake api beneran bo....  :o
Logged
TO LIVE...TO LEARN...TO LOVE...

arie26

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13242
  • *No More Me*
Re: Tokoh wayang
« Reply #8 on: January 25, 2008, 12:03:58 PM »

trans... sering ngaca soal'e.. jadi ndak heran kalo favoritnya itu :whistle: ;D
Logged
Guys, thanks for everything. Gw pamit... nice to know/meet you all

If you only knew.... those lyrics are 4 U....

se_nui

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2583
Re: Tokoh wayang
« Reply #9 on: January 25, 2008, 03:34:39 PM »

mahabarata
pandawa ada lima
kurawa ana satus
Logged
Pages: [1] 2 3 4 5 ... 7   Go Up