;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7   Go Down

Author Topic: Tokoh wayang  (Read 14632 times)

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #10 on: January 30, 2008, 10:42:10 AM »

Hanoman lahir pada masa Treta Yuga sebagai putera Anjani, seekor wanara wanita. Anjani sebetulnya merupakan bidadari, bernama Punjikasthala, namun karena suatu kutukan, ia terlahir ke dunia sebagai wanara wanita. Kutukan tersebut bisa berakhir apabila ia melahirkan seorang putera yang merupakan penitisan Siwa. Anjani menikah dengan Kesari, seekor wanara perkasa. Bersama dengan Kesari, Anjani melakukan tapa ke hadapan Siwa agar Siwa bersedia menjelma sebagi putera mereka. Karena Siwa terkesan dengan pemujaan yang dilakukan oleh Anjani dan Kesari, ia mengabulkan permohonan mereka dengan turun ke dunia sebagai Hanoman.

Salah satu versi menceritakan bahwa ketika Anjani bertapa memuja Siwa, di tempat lain, Raja Dasarata melakukan Putrakama Yadnya untuk memperoleh keturunan. Hasilnya, ia menerima beberapa makanan untuk dibagikan kepada tiga istrinya, yang di kemudian hari melahirkan Rama, Laksmana, Bharata dan Satrugna. Atas kehendak dewata, seekor burung merenggut sepotong makanan tersebut, dan menjatuhkannya di atas hutan dimana Anjani sedang bertapa. Bayu, Sang dewa angin, mengantarkan makanan tersebut agar jatuh di tangan Anjani. Anjani memakan makanan tersebut, lalu lahirlah Hanoman.


Salah satu versi mengatakan bahwa Hanoman lahir secara tidak sengaja karena hubungan antara Bayu dan Anjani. Diceritakan bahwa pada suatu hari, Dewa Bayu melihat kecantikan Anjani, kemudian ia memeluknya. Anjani marah karena merasa dilecehkan. Namun Dewa Bayu menjawab bahwa Anjani tidak akan ternoda oleh sentuhan Bayu. Ia memeluk Anjani bukan di badannya, namun di dalam hatinya. Bayu juga berkata bahwa kelak Anjani akan melahirkan seorang putera yang kekuatannya setara dengan Bayu dan paling cerdas di antara para wanara.

Sebagai putera Anjani, Hanoman dipanggil Anjaneya (diucapkan "Aanjanèya"), yang secara harfiah berarti "lahir dari Anjani" atau "putera Anjani".
Logged

transvaganza

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2146
Re: Tokoh wayang
« Reply #11 on: January 30, 2008, 11:11:12 AM »

waduh...gawat..pada sentiment ma aku nih...masa gue dibilang hanoman, gue ini cuman sodaranya, sama seperti u org...
kalau gak percaya coba deh sama2 ngaca...nah tuh khan...
Logged

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #12 on: January 30, 2008, 05:34:49 PM »

waduh...gawat..pada sentiment ma aku nih...masa gue dibilang hanoman, gue ini cuman sodaranya, sama seperti u org...
kalau gak percaya coba deh sama2 ngaca...nah tuh khan...

bearti lho jelmaan siwa, wakakaka ;D ;D ;D ;D
Logged

se_nui

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2583
Re: Tokoh wayang
« Reply #13 on: January 30, 2008, 09:13:19 PM »

siwa SD , SMP apa SMU? apa mahasiwa? ::) ::) ::) ::) ::) ::)
Logged

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #14 on: January 31, 2008, 09:10:49 AM »

siwa SD , SMP apa SMU? apa mahasiwa? ::) ::) ::) ::) ::) ::)

siwalan kowe ;D ;D ;D
Logged

transvaganza

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2146
Re: Tokoh wayang
« Reply #15 on: January 31, 2008, 11:30:19 AM »

kasiwan deh loe...
Logged

se_nui

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2583
Re: Tokoh wayang
« Reply #16 on: January 31, 2008, 01:01:40 PM »

ehhh trans! harus jaga siwa kowe
Logged

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #17 on: January 31, 2008, 02:13:35 PM »

nggak berperikamanusiwan
Logged

se_nui

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2583
Re: Tokoh wayang
« Reply #18 on: January 31, 2008, 03:01:30 PM »

pindah treadnya kayaknya neee?
apa diganti aja ya?
Logged

anak camat

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 145
Re: Tokoh wayang
« Reply #19 on: January 31, 2008, 03:35:27 PM »

pindah treadnya kayaknya neee?
apa diganti aja ya?

iya ki, padahal maksud awal tread ini untuk memperkenalkan budaya jawa, wayang khususnya :-[ :-[ :-[
Logged
Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7   Go Up