;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 [3] 4   Go Down

Author Topic: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?  (Read 5448 times)

Etanim

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 15
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #20 on: July 15, 2010, 11:56:44 pm »

Dear all,

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya
Salam penuh cinta








Benodhi

1. Krn lg ga ada kerjaan. uda agak lupa.
2. Cerita latar buat salah satu gambar gw. Cerita sci-fi; satu2nya sci fi yg pernah gw buat.
3. "Writing is like sex. First you do it for love, then you do it for your friends, and then you do it for money." — Virginia Woolf
4. Apa ya...?



Logged

jung kyung lovers

  • Tomodachi
  • ****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4.588
  • ♥Cho Kyuhyun
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #21 on: July 16, 2010, 02:54:35 pm »

Jujur aja, dulu suka nulis diari jd terbiasa berpuitis ria. Sejak smp, sma udah suka ngirim cerpen ke majalah
Logged

twitter : wiwi_kyu


akire

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.606
  • bweee.....
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #22 on: July 20, 2010, 09:24:11 am »

Dear all,

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya


Salam penuh cinta








Benodhi

aku msh inget, karya pertamaku tuh aku tulis pas aku msh SD, itu pun aku plagiat hbs2an dr majalah bobo XD
yg mendorong? ga tau jg, suka aja bikin crita, hingga lanjut ke SMP, SMA, kuliah smpe skr

knp aku trs jd penulis, krn otakku penuh ide, mubazir klo cm dipikirin tnpa dituangin ke dlm tulisan.
aku pgn semua org tau apa yg adadi dlm otak, simple...itu aja

hal positif...
1.hati jd damai (it's true), rasanya lega klo udh bikin suatu karya
mirip kyk sapi yg diperah susunya, begitu semua keluar...plong deh

2.byk temen, soalnya pas nulis bbrp proyek antologi, kita bkl berhubungan dg byk org, kita bs saling tukar pikiran, belajar dr karya org lain (bkn nyontek lho ya) dan intropexi karya sndiri
Logged

Ms Pur3

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.008
  • I'm a beautiful girl!
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #23 on: July 29, 2010, 04:11:35 pm »

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Apa ya? Karena lagi niat aja sih
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Nggak
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Belum jadi penulis kok. Masih berusaha. Tapi karena gw suka aja sih
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Ternyata lamunan gw yang aneh2 itu kelak bisa mendatangkan uang (kalo naskah diterima)
Logged

thiiee

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 434
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #24 on: March 25, 2011, 11:51:16 am »

Dear all,

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya
Salam penuh cinta








Benodhi

1. Krn lg ga ada kerjaan. uda agak lupa.
2. Cerita latar buat salah satu gambar gw. Cerita sci-fi; satu2nya sci fi yg pernah gw buat.
3. "Writing is like sex. First you do it for love, then you do it for your friends, and then you do it for money." — Virginia Woolf
4. Apa ya...?





hai all, salam kenal...

kak Etanim, udah pernah ngirim naskah ya???
kemana???

oh iya, kalo tentang pertanyaan2 di atas, aku mau jawab apa ya????
mungkin karena keenakan membolak-balik bahasa sehingga menjadi lebih indah dan penuh makna...
pertamanya, aku kira arti bahasa itu sempit...
tapi ternyata, luas sekali...  [lovestruck] [lovestruck] [lovestruck]

thanks karena udah bisa ngomment disini...  [thumbsup]
Logged

indie-lupher

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 272
  • auk auk
    • A DAYEUH IN A LIFE
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #25 on: May 10, 2011, 10:04:40 am »

panggilan alam deh keknya (-_-)a
...datang tak dijemput, pulang tak diantar...
tahu-tahu aja nongol di kepala selama berhari-hari dan tahu-tahu aja pergi...
Logged
mangga. mampir dulu. :}

http://debookbug.blogspot.com/

Dream_Catcher

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 872
  • Eaaaa..... back to Lautan!
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #26 on: June 01, 2011, 12:16:36 am »

=Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Pada suatu malam...

Aku melirik buku tulisan kosong tanpa satupun kata di dalamnya. Lalu aku mengambil pensil (karena aku sedang mencoret-coret pe-er juga saat itu) dan mulai menulis...
Dan dua jam berikutnya, aku terus menulis...
Dan dua jam berikutnya, pada hari-hari esoknya, kuhabiskan untuk menulis kisah superhero pertamaku ke dalam buku itu...

Dan kini buku itu hilang. Aku menyesal, tidak menyimpannya lebih baik ketika dulu dibawa pindah rumah  [annoyed]


=Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

kisah tentang...em, subjek eksperimen mutan yang melarikan diri, tak sengaja ketemu damsel in distress, lalu akhirnya bersembunyi dari kejaran para pemburu dari organisasi di apartemen itu cewek, dan akhirnya, mereka bersama-sama melarikan diri, dan berpetualang ke sepenjuru daratan Amerika...

keren, huh?  ^-^

*dilempari mentimun*

sayang, buku itu masih keselip entah di mana [annoyed]


Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
karena:

1. punya cerita,

2. pernah menulis,

3. bisa menulis,

4. masih bisa menulis,

5. pernah berjanji pada diri sendiri, untuk menulis habis sebuah novel sampai selesai,

6. ingin kembali merasakan hasrat berkarya, seperti yang dulu aku rasakan ketika menulis sebuah cerita yang "meresap ke hati"

7. karena buku itu masih belum ketemu juga  [annoyed]


=Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?

1. bisa melihat mana tulisan yang baik, mana tulisan yang buruk

2. menghindari keambiguan dalam membuat sebuah tulisan, sesuatu yang membuatku jengkel pada surat-surat kantor yang biasanya bersifat ambigu >_>

3. bisa menuliskan berbagai keluh kesah pada pihak-pihak tertentu tanpa perlu berakhir dengan perang darah dan mulut

4. bisa membantu cerita dalam kepalaku mengalir keluar dan dinikmati oleh para pembaca

5. bisa mendapat nilai plus di pelajaran Bahasa Indonesia karena kemampuan mengarang jawaban yang meningkat tajam  [hmpfh]

6. mendapat banyak teman-teman baru yang punya minat dan skill serupa  :D

7. bisa 'memaksa' menambah ilmu, karena untuk membuat cerita yang bagus (apalagi kalau orangnya perfeksionis), orang itu harus mencari referensi yang jumlahnya tidak sedikit, dan seringkali ternyata amat berguna bagi kehidupannya nanti

8. tampak keren di hadapan teman-teman dan keluarga yang kebetulan kebanyakan, tidak begitu bisa 'menulis'

9. bisa menulis jawaban untuk pertanyaan singkat seperti di atas, tujuh kali lipat lebih panjang, agar kelihatan amat keren  [hmpfh]

10. bisa meneruskan cerita yang dulu kutulis di buku yang hilang itu...  [annoyed]


ha, semoga gw gag membuat orang2 pada gubrak dengan jawaban2 diatas it XD
Logged
<a href="http://www.goodreads.com/book/show/9887385-fantasy-fiesta-2010">Kumcer Fantasi Karya Anak-Anak Bangsa!</a>

rd_Villam

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 962
  • I'm just a dreamer.
    • A Wond'rous World Where I'd Like To Be
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #27 on: June 01, 2011, 10:34:56 am »

beneran, jawaban2mu jujur dan bagus, dream catcher. :-P

fireCyclops

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 165
  • I Play - I Inspired - I Create
    • IKU
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #28 on: June 02, 2011, 05:50:31 pm »

=Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Pada suatu malam...

Aku melirik buku tulisan kosong tanpa satupun kata di dalamnya. Lalu aku mengambil pensil (karena aku sedang mencoret-coret pe-er juga saat itu) dan mulai menulis...
Dan dua jam berikutnya, aku terus menulis...
Dan dua jam berikutnya, pada hari-hari esoknya, kuhabiskan untuk menulis kisah superhero pertamaku ke dalam buku itu...

Dan kini buku itu hilang. Aku menyesal, tidak menyimpannya lebih baik ketika dulu dibawa pindah rumah  [annoyed]


=Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

kisah tentang...em, subjek eksperimen mutan yang melarikan diri, tak sengaja ketemu damsel in distress, lalu akhirnya bersembunyi dari kejaran para pemburu dari organisasi di apartemen itu cewek, dan akhirnya, mereka bersama-sama melarikan diri, dan berpetualang ke sepenjuru daratan Amerika...

keren, huh?  ^-^

*dilempari mentimun*

sayang, buku itu masih keselip entah di mana [annoyed]

gak di recycle idenya?

Quote
3. bisa menuliskan berbagai keluh kesah pada pihak-pihak tertentu tanpa perlu berakhir dengan perang darah dan mulut

wah susah tuh (at least for me).
boleh bagi ilmu nih kapan2 hehehe...

Dream_Catcher

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 872
  • Eaaaa..... back to Lautan!
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #29 on: June 02, 2011, 08:54:16 pm »

@RD: hahahaha.... makasih.... ^^;


@fire: hmm, kalau ditulis ulang, palingan untuk bacaan pribadi aja sih...soalny itu cerita gw tulis dengan mencampur-adukkan adegan2 yang mnurut gw, cukup pribadi XD

tpi klo di-recycle.... hehehe... ntar klo gw udah selese tulis, ntar gw tunjukin kek apa deh ceritany :D

hahaha...

sebenarny... itu kurang tepat sih, perang mulut itu pasti bakalan terjadi (bahkan, dua hari ini baru saja ada kejadian gitu --;),
tapi setidakny, bisa gw usahakan agar tidak sampai berakhir dengan 'darah'... wkwkwk~ XD
Logged
<a href="http://www.goodreads.com/book/show/9887385-fantasy-fiesta-2010">Kumcer Fantasi Karya Anak-Anak Bangsa!</a>
Pages: 1 2 [3] 4   Go Up