;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9   Go Down

Author Topic: Tata cara membuat novel yang benar?  (Read 54705 times)

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #30 on: October 23, 2009, 11:55:56 am »

Hahaha. itu masalahnya. aku ga suka tuh bc novel. bknnya ga suka c. tkut ntar gaya bahasa novel itu kebawa2. :-[

Iy jg c. soalnya temen2 deket itu kan y cm ngomentarin ceritanya, ga ngomentarin tata bahasa dan tetek bengek lainnya. pgn ngasi org lain baca. tp siapa?? ngepost di sini panjang nian... [crying] [crying]

Settingnya c jelas di Indo. Tp aku ga tau mau pake nama siapa. kalo dituntut mencemarkan nama baik karena main asal comot nama keluarga mereka, mateng dah. hahaha

Soal halaman dalam bab. bermasalah banget dah. bab 1 ada 16 halaman, terus bab 2 13 halaman. pokoknya halamannya ga tentu deh, kdg byk kdg dikit. bingung jg gimana ngebagi halamannya. :'(

Bahasanya kaku ya? hahaha. maklum lah pemula. aku masih bingung soal logis nggak nya c. hehehe. ne ge baca2 lg dr awal mpe akhir. ampe ngantuk...
Logged

quavi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 96
    • dunia tulis menulis, dunia pergigian, dunia anak kos, dunia TV series
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #31 on: October 23, 2009, 12:10:11 pm »

@fanny

ga suka baca? yang beneeer? modal utama penulis itu membaca....kamu ga bakal bisa jadi penulis yang baik kalo kamu ga jadi pembaca yang baik dulu...

kalo kamu mau jadi penulis, mending dari sekarang mulailah membaca novel-novel yang lain...karena genremu teenlit..baca teenlit yang lain...sebagai pembanding...

halaman dalam bab itu ga masalah...seperti kata Mas Luna..apa sih fungsi bab itu sebenernya? Ga ada patokan berapa panjang halaman, yang penting tulisanmu kelihatan luwes...

Tentang nama...hehe..berhubung aku juga lebih sering pake nama asing juga...so aku sih ga masalah selama kamu merasa 'sreg' dan 'sosok' ma karaktermu :)
Logged
Novel ke 11: SeoulMate


www.theseoulmate.com

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #32 on: October 23, 2009, 12:17:20 pm »

@quavi
makaci y sarannya. btw, kok Luna dipanggil 'Mas'?

Bener dah suer, aku ga suka baca. nonton tv ja gonta-gnti channel mulu kerjanya. apalagi kalo bc nvl teenlit yg bahasanya sdkt berantakan(maap buat yg bikin nvl teenlit) aku lbih suka bc novel terjemahan.

Sreg c namanya, takut dituntut, scr Indo negara hukum ;D :D
Sosok apa ya? cocok kali? hahaha. iy ngerasa cocok bgt, emang c terlalu barat. hehe.

Ad yg bersedia jd editor novelku sebelum kukirim lg ke penerbit??? Nyesek biaya printnya kalau mesti edit berkali-kali setelah dikirim ke penerbit [hammer] [hammer]

Thx all
Logged

quavi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 96
    • dunia tulis menulis, dunia pergigian, dunia anak kos, dunia TV series
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #33 on: October 23, 2009, 12:24:55 pm »

Hai Mas Luna  ;D

Pa kabar? Lama ga ngobrol...hehehe

Apa lagi nih yang baru? Sekarang rada-rada action ya teenlitnya

@ fanny

lupa jawab...yup...baca juga komik itu...emang ide dasarnya dari komik itu :)
Logged
Novel ke 11: SeoulMate


www.theseoulmate.com

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #34 on: October 23, 2009, 12:26:11 pm »

Haha. iy novel g jg byk inspirasi dr komik. hehe
Logged

quavi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 96
    • dunia tulis menulis, dunia pergigian, dunia anak kos, dunia TV series
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #35 on: October 23, 2009, 12:34:56 pm »

Luna itu cowok  ;D

masih banyak juga yang mempertanyakan kejantanannya  [hmpfh]

peace Mas Luna... :D
Logged
Novel ke 11: SeoulMate


www.theseoulmate.com

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #36 on: October 23, 2009, 12:43:51 pm »

Woalah g ketipu namanya... :-[
G pikir cewek... secara namanya Luna cui... :-\
Tp gpp deh, toh ngarangnya hebat. hahaha'\
terus berkarya ya Mas. hehehe
Logged

Arynity

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.440
  • Semi Hiatus
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #37 on: October 23, 2009, 03:03:38 pm »

Bener banget tuh, modal utama penulis adalah suka membaca. Gw aja berasa setelah banyak baca buku berbagai jenis genre dan bhakan mereviw, berasa pengetahuan akan literarur bertambah. Dibanding 2 atau 3 tahun lalu yg cuman doyan baca harlequin dan teenlit.

Gw juga bacanya banyakan terjemahan, tapi terjemahannya macam-macam, bahkan gaya penerjemah aja macam-macam.

Soal masalah tulisan, kaya yg quavi bilang, ngga peru takut bakalan kebawa, awal mula pengarang komik pun karyanya banyak yg mirip. Contoh : Kyoko Hikwa (pengarang topeng kaca) awal2 ilustrasinya mirip banget sama Suzue Miuchi (pengarang topeng kaca)
« Last Edit: October 23, 2009, 03:05:22 pm by Arynity »
Logged
COPPA, SCUDETTO, CHAMPION LEAGUE

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #38 on: October 23, 2009, 09:17:21 pm »

Kalo nggak suka baca teenlit, gak dilarang kok baca buku terjemahan. Novel yang ada di rak gw, yg lokal paling cuma tiga judul, sisanya asing semua, terjemahan semua. :D :D Asal diingat, yang diserap dari apa yang kamu baca juga tetep harus disaring, jangan semua ditelan bulat-bulat karena gaya bahasa pengarang dan hasil terjemahan tu berbeda2. Malah ada kok buku terjemahan yang aturan tanda bacanya masih diragukan karena pas gw kroscek ke aturan baku gak pas.

Sedikit saran, elu pernah punya buku EYD dari jaman2 sekolah dulu? Coba dibaca2 untuk memahami penggunaan "pun" dan partikel2 lain. :D Penggunaan tanda baca dan seterusnya juga ada kok di sana.

Soal bab, halah2, ternyata kamu khawatir karena jumlahnya gak sama tho??? Siapa yang pernah ngasih tahu aturan per bab harus konsisten jumlah halamannya tuh? Mana sini orangnya kita omelin rame2! :D :D

Oh, ya, biar sedikit fair, ini link salah satu postingan cerita gw di forum ini, mungkin setelah baca ada penilaian berbeda--barangkali gw dirasa kurang kompeten buat kasih nasihat dan komentar ini itu buat TS? :D

http://www.lautanindonesia.com/forum/bengkel-pulpen/(repost-masukan-please)-dunamis/

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"

Luna_TR

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.154
    • http://novelku.com
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #39 on: October 24, 2009, 02:10:33 am »

@fanny_21
Jangan kuatir kalo lo bakal terpengaruh gaya bahasa/penulian dari novel yang lo baca ke tulisan lo. Itu wajar kok. Penulis manapun (termasuk yang udah senior) awal2 karirnya gak mungkin membawa gaya mereka sendiri, pasti terpengaruh gaya penulis favorit mereka. Tapi sering dengan berkembangnya waktu (ceilee...) dan jam terbang menulis, sadar atau tidak lo pasti suatu saat akan menemukan/membuat gaya menulis yang cocok untuk lo dan bakal jadi ciri khas lo (yang mungkin nanti bisa aja malah balik ditiu oleh penulis2 pemula generasi berikutnya).

Meniru gaya bahasa dan penulisan orang lain gak dilarang, yang gak boleh adalah meniru isi novel orang lain (plagiat).

Dan gak harus slalu baca novel yang satu genre dengan yang lo tulis.Misalnya lou pengin nulis teenlit, gak harus baca teenlit terus untuk referensi.Justru semakin banyak membaca berbagai macam novel,akan menambah wawasan dan referensi menulis lo. Terus terang aja,gw walau kebanyakan nulis teenlit,tapi novel2 favorit gw malah yangberbau konspirasi,penyelidikandan sci-fi. Tapi teenlit punya orang lain juga kadang gw baca buat perbandingan (apalagi kalo yang gratisan, dikasih langsung ama penulisnya  ;D  ;D )

soal bab....wah lo harus dikasih kuliah juga nih tentang cara membuat BAB yang baik dan benar  [hammer]. Singkatnya, pembagian bab bukan berasarkan jumlah halaman, tapi umumnya lebih kepada adegan cerita dan setting saat itu. Jadi satu adegan bisa dibuat dalam satu bab, baikitu adegan yang singkat atau panjang. Kalo lo baca novel2nya DAN BROWN (Da Vinci Code, Angel & Demon), lo bisa liat,disitu ada bab yang panjang (lebih dari 20 hal),tapi banyak juga bab yang pendek (bahkan ada yang cuman 1 hal)

Soal nama, gak usah mikir jauh2 bakal dituntut segala. Buat apa? Toh lo bikin cerita fiksi yang pasti itu boongan, bukan dokumenter,jadi gak bisa dituntut. Kalo mo aman,lo jangan ambil secara lengkap nama yang ada (kalo mo ambil nama orang lain).Bisa aja lo gabung2in,dituker2.Misalnya ada temen lo namanya SARI WULANDARI dan DIAN PERTIWI, lo bisa ciptain nama karakter SARI PERTIWI atau DIAN WULANDARI. gampang kan? Kalo yang ngerasa punya nama gak suka namanya dipake, gak bakalbisa nuntut.Wong yang namanya SARI dan DIAN tuh ada ribuan orang.

Tapi berdasarkan pengalaman gw sih, biasanya mereka yang namanya dipake gak keberatan kok, asal kita mintaijin sebelumnya. Gw sering juga pake nama temen2 gw, atau pembaca novel2 gw untuk karakter novel2 gw berikutnya,bener2 nama lengkap asli (tanpa dituker2kayak diatas),dan mereka gak keberatan kok,walau nama mereka dipakai untuk karakter Antagonis sekalipun.Kebanyakan malah suka, karena nama mereka bisa ngetop gratis dan dibaca di seluruh Indonesia. Bahkan sampe sekarang masih ada yang minta supaya namanya jadi karakter novel gw berikutnya.Jadi gw gak pernah kehabisan stock nama  ^-^

@quavi
Iya nih...lagi bosen bikin cinta2an.... haa..haa...haaa...

Yang baru? ada tuh di signature. Itu seri ke-2 loh (dari Trilogi)

ayo...ayo....beli...beli.... [biggrin]  [biggrin]   [biggrin]
Logged
Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9   Go Up