;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9   Go Down

Author Topic: Tata cara membuat novel yang benar?  (Read 52009 times)

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #50 on: October 25, 2009, 05:23:49 pm »

Kalo mengutip kata2nya Brian Klemmer sih,

Quote
Saat Anda memiliki suatu komitmen, Anda tidak punya alasan untuk mengingkari komitmen tersebut.

Gitu aja sih.

Dan, gw jg kuliahnya malah informatika, tapi hobinya nulis, sampe kemarin ada yg ngomentarin jgn2 gw berbakat jadi game designer malah. :D :D

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #51 on: October 26, 2009, 11:14:02 am »

Hahaha. Makaci ya MakMak, komen kamu pas bngt. Aku memang begitu orgnya :'(, udah takut sebellum mencoba. aplg yg soal sudut pandang. aku susah bgt kalo mau ngubah novel yg perna aku post di sini(sudut pandangnya).

Yah pengennya c serba berani [hammer] [hammer] [hammer]

Semangat dah semangat :D :D :D :D :D
Logged

MakMak

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.230
  • Choooo Denji.... Yo-Yooo!!!!
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #52 on: October 26, 2009, 05:28:12 pm »

good... kamu tahu kelemahanmu sendiri. soalnya banyak orang yang ga tahu kelemahannya sendiri, trus klo dikasi tahu malah tersinggung  [thumbsup] [thumbsup] [thumbsup] [thumbsup]

sekarang, tinggal gimana kamu mengatasi kelemahanmu itu
Logged
FF2010-ku ketrocohan. piye jal? padahal durung foto-foto

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #53 on: October 29, 2009, 09:41:25 am »

Nah caranya itu yg bingung mau gimana :D :D :D :D
Logged

Arynity

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.440
  • Semi Hiatus
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #54 on: October 29, 2009, 01:35:04 pm »

caranya apa nih? cara memperbaiki tulisan atau caranya supaya bisa suka baca banyak buku?

kalau caranya memperbaiki tulisan, apalagi kalau tulisan udah banyak revisi sana-sini, aku saranin sih, kamu rombak total, boleh pake ide yg sama tapi kali ini coba pikirin lebih matang sebelum menulis, misal POV sebaiknya diganti jadi tunggal, cukup dari POV orang ketiga, emang jadinya tulis ulang, tapi kalau bisa lebih baik, mengapa tidak?

Kalau perlu sebelum tulis, kamu baca2 novel lain buat referensi/perbandingan, perhatiin teknik2nya, gimana cara mereka mendeskripsikan karakter dan kejadian. Ngga usah pikirin takut kebawa terus jadi jiplak, selama isi ceritanya beda, umumnya pembaca ngga akan perhatiin kok.

Kalau cara ngatasi malas baca buku? mmm aku mau tanya, pernah ga kamu merasa down, saat dikomentarin atau, ngga perlu dikomentarin deh, kamu coba baca sekilas novel orang lain yg sama2 penulis pemula (bisa kamu cari di internet, suka banyak yg post di blog mereka atau fanfic juga boleh), ada perasaan down ga? Dan berpikir, "Wah tulisan mereka bagus-bagus padahal cuma fanfic, bukan yg bermaksud buat dikirim ke penerbit tapi penggambarannya detail dan penuturan ceritanya bikin penasaran".

Kalau ada perasaan seperti itu (seperti yg sering gw rasakan kalau baca karya orang lain) itu bagus, karena mau ga mau kita akan merasa terpacu untuk bisa buat yg lebih baik dan caranya yah balik ke banyak2 membaca buku lagi.

Tapi mudah-mudahan kamu bukan termasuk yang, "Novel yg lain biasa aja, gw bisa bikin yg lebih bagus, cuman belum dikasih kesempatan aja." Karena kritik itu dimaksudkan agar rmembuat kita lebih baik.
« Last Edit: October 29, 2009, 01:39:44 pm by Arynity »
Logged
COPPA, SCUDETTO, CHAMPION LEAGUE

cheppy70

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 930
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #55 on: October 29, 2009, 04:00:50 pm »

Nah caranya itu yg bingung mau gimana :D :D :D :D

Ini soal ngubah sudut pandang novel, ya? Berarti ngerubah POV novel? Moga-moga gue gak salah tangkap:)

Caranya melatihnya guampang banget,... kalau kita sudah punya satu adegan/ bab yang katakanlah menggunakan sudut pandang tokoh A, cobalah kemudian membuat bab yang sama (bikin file baru aja), dengan adegan yang sama, tapi diceritakan dari sudut padang tokoh lain yang terlibat di situ, misalnya tokoh B.

Contoh aja ya, misalnya di satu adegan cerita Spiderman dan Mary Jane dikejar-kejar sama Green Goblin. Cerita aslinya menggunakan POV Spiderman. Sekarang, coba bikin cerita yang sama menggunakan POV Mary Jane. Kamu akan kaget menemukan banyak hal berbeda yang tertangkap oleh mata Mary Jane, misalnya rasa takutnya (yg mungkin nggak muncul di POV Spiderman), atau cara MJ menilai situasi, menilai lingkungan dll. Lalu coba bikin satu lagi bab yang sama dengan POV Green Goblin, pasti lebih seru lagi.

Dengan sering berlatih seperti itu, kamu akan lebih gampang memahami POV dan kekuatan/ kelemahan variasi POV dalam suatu penulisan. Dari situlah, sebenernya kita bisa menakar dengan lebih tepat berapa halaman ideal yang dibutuhkan.

Moga2 membantu :)

FA Pur
Logged

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #56 on: October 30, 2009, 05:28:25 pm »

Hahaha. Makaci y smua sarannya. (walau awalnya maksud ga tau cara ngubahnya bukan ke arah situ, tp memang itu lah masalah yg selalu gw hdapin)

Soal POV itu, wah, bener2 bingung berat dah. Soalnya gw pengen tuh tokoh 'aku' ketahuan bgt cr pikirnya, apa yg dia pikirin, sdgkan untuk tokoh kedua, gw pengen jg ketahuan apa yg dia pikirin n dia rasain, tp ga pake 'aku begini' atau 'aku begitu'. Jd kesannya itu, tokoh 'aku' menceritakan kisahnya, dan gw sbg yg maha tahu jg menceritakan kejadian atau sesuatu yg ga si 'aku' ini tau. hehehe.  [hmpfh]

Mang c keliatannya aneh bgt, ga profesional, dan kesannya semau gw. hahaha.

Gw perna ngerasa down c, mpe berbulan2 berhenti nulis [crying]. Tp bis tuh muncul ge ide, bisa berminggu2 ga lepas dr laptop [hmpfh].
Tp tetep ja novel gw ga kelar2 :-[
Logged

MakMak

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.230
  • Choooo Denji.... Yo-Yooo!!!!
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #57 on: October 31, 2009, 06:50:52 pm »

Hahaha. Makaci y smua sarannya. (walau awalnya maksud ga tau cara ngubahnya bukan ke arah situ, tp memang itu lah masalah yg selalu gw hdapin)

Soal POV itu, wah, bener2 bingung berat dah. Soalnya gw pengen tuh tokoh 'aku' ketahuan bgt cr pikirnya, apa yg dia pikirin, sdgkan untuk tokoh kedua, gw pengen jg ketahuan apa yg dia pikirin n dia rasain, tp ga pake 'aku begini' atau 'aku begitu'. Jd kesannya itu, tokoh 'aku' menceritakan kisahnya, dan gw sbg yg maha tahu jg menceritakan kejadian atau sesuatu yg ga si 'aku' ini tau. hehehe.  [hmpfh]

Mang c keliatannya aneh bgt, ga profesional, dan kesannya semau gw. hahaha.

Gw perna ngerasa down c, mpe berbulan2 berhenti nulis [crying]. Tp bis tuh muncul ge ide, bisa berminggu2 ga lepas dr laptop [hmpfh].

saranku:
bacalah trilogy Bartimeaus. novel itu akan menjawab semua pertanyaanmu ttg POV
Tp tetep ja novel gw ga kelar2 :-[
Logged
FF2010-ku ketrocohan. piye jal? padahal durung foto-foto

Cut3_H0m3

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.695
  • <3 <3 <3 d^0^b <3 <3 <3
    • http://blog.indosiar.com/fany_kho
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #58 on: November 07, 2009, 03:02:56 pm »

wah.. cute ikutan nimbrung ya..
aku suka baca novel.. n punya impian buat novel based on tru story of my life..
tapinya.. kadang2 ide ceritanya muncul tapi g bs diungkapin dalam tulisan gitu.. (moody-an) bs ada beberpa ide cerita. tapi waktu mau ngetik di lapetope tersyang serasa malas. >.<
masih kurang banget dalam EYD..lagi belajar membaca dan melihat2 cara penulisan yang benar..
tapi lebih condong jadi reader.. hehehe.. (ngomong2 cara adi editor gimana ya??)

btw met ketemu ma Arynity.. hehhee.. g nyangka ketemu disini..
tadi sih iseng soalnya nama threadnya
tata cara membuat novel yang benar..

hehhee.. thanks buat yang nyeritain POV (junnishii master ya?? sorry klo salah ngetik namenya ^^)

oh ya untuk fanny_21 (nama kita sama penyebutannya hehehee).: aku udah baca cerita kamu.. aku termasuk yang tipe kedua.. masih berminat untuk tahu kelanjutannya. klo boleh, tolong kirimin cerita kamu dunk ke emailku..
sekalian lagi mencoba melatih kepekaan terhadap novel.. kali aja bisa jadi editor.. hehehhee ntar aku PM-in ya ^^..


« Last Edit: November 07, 2009, 03:10:16 pm by Cut3_H0m3 »
Logged

Arynity

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.440
  • Semi Hiatus
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #59 on: November 08, 2009, 01:05:08 pm »

fanny : saran aku sih buat pake POV orang ketiga aja, itu bisa buat penulis lebih bebas buat mengeksplorasi, kalau POV orang pertama ada kesan yg berkuasa bukan penulis tapi karakter utama. Kebetulan disini ada yg bersedia jadi proofreader tuh  [biggrin]

Cut3: alo stef  :D
biasanya ketemuan bahas "chit" di PS
justru biasanya aku nongkrong di pulpen mancanegara, cuma lagi moody baca nih  [hammer] lagi demen nonton.
Logged
COPPA, SCUDETTO, CHAMPION LEAGUE
Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9   Go Up