;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 ... 3 4 5 6 [7] 8 9   Go Down

Author Topic: Tata cara membuat novel yang benar?  (Read 52554 times)

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #60 on: November 08, 2009, 09:05:13 pm »

hehhee.. thanks buat yang nyeritain POV (junnishii master ya?? sorry klo salah ngetik namenya ^^)
Sama2. Toh aku cuma kasih penjelasan sederhana buat bantu fanny_21 kok.

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #61 on: November 09, 2009, 08:42:09 am »

Hai semua. duh lama ga OL. mau uTs. hua...
@arynity
Kalo pOv org ketiga, gimana cara aku buat ngeksplor perasaan si 'aku'? kan kalo si 'aku' itu bahasanya sedikit gaul sedangkan waktu pOv ketiga bahasanya baku habis.
Dan lagi, kalo pake pOv ketiga aku mesti rombak ulang dari awal. Huuuaaaa.... Bisa botak :D :D :D :D
Siapa? siapa yang bersedia jd proofreader??? Hehehe. Makaci2.

@cute
Aku udah kirimin tuh. minta komentnya yah [thumbsup] [thumbsup]
Logged

MakMak

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.230
  • Choooo Denji.... Yo-Yooo!!!!
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #62 on: November 09, 2009, 08:06:14 pm »

Hai semua. duh lama ga OL. mau uTs. hua...
@arynity
Kalo pOv org ketiga, gimana cara aku buat ngeksplor perasaan si 'aku'? kan kalo si 'aku' itu bahasanya sedikit gaul sedangkan waktu pOv ketiga bahasanya baku habis.
Dan lagi, kalo pake pOv ketiga aku mesti rombak ulang dari awal. Huuuaaaa.... Bisa botak :D :D :D :D
Siapa? siapa yang bersedia jd proofreader??? Hehehe. Makaci2.

tokoh 'aku' hanya muncul jika kau menggunakan POV orang pertama. sedangkan untuk POV orang ketiga, pembaca itu 'maha tahu'. maksudku adalah, dalam POV orang ketiga, pembaca itu seperti bisa melihat semua kejadian dalam cerita rekaanmu itu dari atas, sehingga pembaca tahu apa saja yang dilakukan oleh semua tokoh.
Logged
FF2010-ku ketrocohan. piye jal? padahal durung foto-foto

Arynity

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.440
  • Semi Hiatus
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #63 on: November 10, 2009, 12:42:54 am »

lho kalau POV orang ketiga bukannya semua perasaan karakter bisa diexplorasi, misal (contoh ngasal doank nih)

Natasha merasa semua peraturan kolot dalam keluarganya membuatnya gila, di zaman yang seharusnya serba bebas ini dia justru dikekang oleh aturan kuno yang seharusnya sudah musnah sejak era reformasi (oke mungkin perumpamaan itu berlebihan) tapi dia juga ingin merasakan kebebasan seperti anak-anak lainnya, apakah menjadi wanita adalah hal yang memalukan sehingga harus disembunyikan... - narasi tapi tetap apa yang dirasakan tokoh utama, tersampaikan ke pembaca.

kalau soal bahasa gaul, mungkin bisa diakali di percakapan. Atau bikin kalimat2 yg narasinya luwes dan ngga kaku (yg ini pintar2 dalam kreativitas )
« Last Edit: November 10, 2009, 12:47:24 am by Arynity »
Logged
COPPA, SCUDETTO, CHAMPION LEAGUE

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #64 on: November 10, 2009, 08:20:29 am »

@MakMak
Memang gitu yg aku pke. saat POV org pertama, 'aku' menceritakan apa yg dia rasain seperti bercerita sendiri. saat POV ketiga, tokoh2 yg lain mampu mengekspresikan perasaannya tapi ga pake kata 'aku', pake namanya dan 'dia'.

@Arynity
Pengennya sih begitu, tp entah mengapa aku ngerasa susah dan nggak nyambung kalau tokoh 'aku' dibikin POV ketiga.
Logged

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #65 on: November 10, 2009, 08:38:56 am »

Hari ini classmeet, soalnya ujian sudah selesai. Dan sepertinya akan terus seperti ini sampai liburan nanti. Natasha masih memakai baju bebas. Entah kenapa, tangan Edo terasa gatal untuk kembali merangkul pinggang Natasha. Dia masih tidak percaya Natasha segemuk yang terlihat. Apalagi dia pernah memegangnya, mengukur panjangnya pinggang gadis itu namun belum tahu seberapa besar pinggangnya. Ditambah lagi, kenapa jari-jari di bawah lengan bajunya yang panjang itu terlihat begitu putih, panjang dan lentik? Sungguh berbeda dari biasanya.

Berbeda. Dan Edo ingin melihat Natasha memakai baju yang sesuai dengan postur tubuhnya. Bukan memakai baju seperti penyanyi rap yang serba gombrong seperti yang dipakai Natasha sekarang ini.

Tiba-tiba Edo sadar, dia sudah memikirkan suatu hal bodoh yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan taruhan itu. Untuk apa memikirkan bentuk tubuh Natasha? Pikirkan saja bagaimana caranya membuat gadis itu jatuh cinta setengah mati padanya!

”Natasha gendut! Permintaan kedua puluh satu!” seru Edo yang sedari tadi hanya sibuk mengamati gadis itu mondar-mandir menyapu di depan kelas. Natasha berhenti tepat di seberang Edo. Gadis itu menegakkan tubuhnya dan menopangkan kedua telapak tangannya pada ujung tongkat sapunya.

”Berhenti nyapu dan temenin gue makan,” katanya sambil bersandar ogah-ogahan di pagar tembok di depan kelasnya.

”Hei, itu dua permintaan,” sergahku.

”Itu satu kalimat. Dan lagi lo udah terlalu sering menolak permintaan gue, ini salah satu penalty-nya,” balasnya dengan sangat santai dan mata setajam silet.

”Lo kira sepak bola?” Aku berkacak pinggang.

”Cepet! Gue laper nih!” Edo membentak kasar.

”Laper? Baru setengah jam yang lalu lo nyuruh gue beliin nasi Padang buat lo, masa sekarang udah laper?” tanyaku terheran, takjub dengan kehebatan perut karet Edo.

”Perut gue sama perut lo kan beda. Gue cowok, udah pasti makannya lebih banyak daripada lo.” Edo melipat tangan di depan dada dengan gaya angkuh dan penuh percaya diri. Aku mencibir melihat gayanya.

”Beh, ngaku juga lo kalo lo cowok. Ups...” Refleks kututup mulutku dengan sebelah tanganku, menatapnya yang membalas tatapanku tanpa ekspresi. Cepat-cepat kupindahkan sampah-sampah ke dalam tong sampah, menghindari tatapannya yang terasa angker.
Setelah menaruh sapu ke tempatnya, aku berjalan melewatinya yang tak sedetik pun melepaskan pengawasannya dariku. Bahkan saat aku mendahuluinya, dia masih diam tak bergeming. Aku menoleh, menangkap matanya dan aku memiringkan kepalaku sambil memutar tubuh setengah menghadapnya.

”Mau ke kantin, kan?”

Mendengar ajakanku, Edo memang bergerak. Tapi dia malah mendahuluiku! Kurang ajar, sudah ditunggu, malah meninggalkanku. Aku mengikutinya di belakang seperti anak ayam sementara semua orang memperhatikan kami. Akhirnya setelah berjalan kaki kurang-lebih sepuluh menit lamanya, kami sampai di... mobilnya?




Nah kira2 seperti itulah gayaku menulis. pasti pada bingung dah bacanya. hahahahah
Edo mengeluarkan kunci dan membuka pintu dari jauh dengan menggunakan remote. Aku berhenti beberapa meter di depan mobilnya, memperhatikan dengan bingung dirinya yang sudah membuka pintu. Saat memasukkan sebelah kakinya, Edo menengadah menatapku.

”Masuk.”

”Lo mau makan di dalam mobil? Mang mobil lo ada makanannya?” tanyaku bingung sambil menunjuk mobilnya. Edo mendengus keras dan matanya bersinar marah. Terbiasa dengan sinyal-sinyal seperti itu, aku menurut dan masuk ke kursi penumpang di belakangnya. Edo terbengong melihatku duduk di belakangnya tanpa menutup pintu. Mata kami berdua bertemu di kaca spion tengah. Aku menaikkan kedua alisku, tanpa suara bertanya apa ada yang salah.

”Ngapain lo duduk di belakang? Lo kira gue sopir? Pindah ke depan!”

Kasar sekali nada bicaranya, lagi PMS, ya? Sikapnya sama sekali tidak bisa dibilang ramah. Dasar orang gila, kalau bukan karena sudah berjanji menggenapi lima puluh permintaannya, aku tidak akan terima disuruh-suruh seperti ini.

Aku pun keluar, menutup pintu, dan memutar arah ke pintu depan. Kubuka, kumasukkan kakiku dan duduk di atas jok kulit itu. Aku memandang lurus ke depan sebentar sebelum menoleh karena merasakan tatapannya. Wajahnya terlihat dongkol.
Logged

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #66 on: November 10, 2009, 10:25:42 am »

@MakMak
Memang gitu yg aku pke. saat POV org pertama, 'aku' menceritakan apa yg dia rasain seperti bercerita sendiri. saat POV ketiga, tokoh2 yg lain mampu mengekspresikan perasaannya tapi ga pake kata 'aku', pake namanya dan 'dia'.

@Arynity
Pengennya sih begitu, tp entah mengapa aku ngerasa susah dan nggak nyambung kalau tokoh 'aku' dibikin POV ketiga.
Makanya kemarin gw kasih link ke postingan cerita gw yg ada di forum ini jg, tujuannya buat ngasih contoh ke dirimu gimana salah satu aplikasi penggunaan POV orang ketiga.

Gak dibaca yah ...? :| Kapan kamu mau belajar kalo udah dikasih contoh jg gak disimak?

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"

Arynity

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.440
  • Semi Hiatus
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #67 on: November 10, 2009, 01:09:01 pm »

disini aku nangkepnya fanny tetep keukeh mau pakai POV orang pertama, ya gpp sih, tapi jangan jadi berantakan dan ngga nyambung aja.

Rata2 novel2 yg gw baca yg pake multiple POV itu, biasanya POV orang pertama tetep yg di fokusin terus kalau mau pake POV orang ketiga buat tokoh lainnya, biasanya dipisah secara bab(macam TBT atau Maximum Ride)

Logged
COPPA, SCUDETTO, CHAMPION LEAGUE

Cut3_H0m3

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.695
  • <3 <3 <3 d^0^b <3 <3 <3
    • http://blog.indosiar.com/fany_kho
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #68 on: November 10, 2009, 02:27:58 pm »

maksud arynity itu sperti Breakin dawn nya steph mayer kan???
bab 1 nya itu sisi dari si Bella
bab 2 nya dari sisi Jacob
bab3 balik lagi ke Bella..
bener g??
Logged

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #69 on: November 10, 2009, 05:07:08 pm »

du jd mabok :D :D :D
@junishi
xry ga sempet buka. coz aku oL cm buat liat koment kalian. Heheheh. aku kan ga punya inet di hum :-[ :-[ :-[

@arynity
tauja kamu. hehehhe.
wah soal nyambung ga nyambung ga tau deh.hnehehhe.

Mkanya tolong donk koment kalian pedes2 jg gpp biar makin hot. hahaahha.jgn bosen or cape nasehatin aku ya. Thx all. doain jg, mau uTS ne jd ga bisa srg2 oL. hehehe.
Sekli ge thx n minta koment slm aku ga oL y. hehehhe
miss u all
Logged
Pages: 1 ... 3 4 5 6 [7] 8 9   Go Up