;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 [4] 5   Go Down

Author Topic: Hati2 buat yg mau jadi penulis  (Read 9766 times)

fireCyclops

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 165
  • I Play - I Inspired - I Create
    • IKU
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #30 on: May 25, 2011, 09:24:16 pm »

dan waktu saya jelaskan tetang keuntungan adanya NPWP, pajak royalti jadi 15%,
menurut dia, yang 20% itu diurus oleh penerbit, jadi pada intinya, saya tetap dapat royalti sebesar 65%, bukannya 85%

saya jadi bingung di sini ==a

Nah ini gw nggak ngerti maksudnya apa... tapi setau gw kita dapet royalti dari penerbit. Dan pajak emang diurus langsung oleh penerbit tetap memakai NPWP kita, jadi kita dapet bersihnya aja (udah dipotong pajak)

Singkatnya gini : Kalo royalti kita 10%  dari harga jual buku, jadi hitungannya 10% x ( harga buku x jumlah buku yang terjual). Nah dari royalti yang kita dapat itu, dipotong lagi 15% untuk pajak penghasilan. Jai bukan berarti kita seharusnya dapet royalti 25% trus karena dipotong pajak 15% jadi dapetnya cuman 10%.  Kalo itu berarti pajak dipotong dari pendapatan buku yang terjual bukan dari penghasilan kita.
Gak sama karena gw udah pernah coba hitung dengan perhitungan seperti itu dan hasil yang kita dapet beda.

btw, kalo royalti penulis bisa 65% kayaknya gw udah bisa beli rumah di Pondok Indah deh... :D :D :D

wew... maaf2, gw kurang jelas ngomongnya. maksudnya gini ..

penghasilan penulis misalnya kan 10% dari royalti dan masih dipotong lagi 35% kalau ga punya NPWP.
Jadi kuambil kesimpulan, bersihnya penulis itu cuma dapet 65% dari 10% royalti itu kan?
tapi kalau penulis punya NPWP, pajak bisa ditekan sampai 15%, jadi penulis bisa dapet 85% dari 10% royalti itu.
tapi menurut bokap gw, penulis sekalipun punya NPWP, dia tetep dapet 65% dari 10% royalti sekalipun sudah ditekan jadi 15%,
karena yang 20% itu dibayarin penerbitnya.

kalau gw sendiri sih ... gw ga mau percaya omongan bokap gw. (sadis amat)
kesannya ga guna banget bikin NPWP ... ==a

Luna_TR

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.154
    • http://novelku.com
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #31 on: May 26, 2011, 02:53:29 am »



wew... maaf2, gw kurang jelas ngomongnya. maksudnya gini ..

penghasilan penulis misalnya kan 10% dari royalti dan masih dipotong lagi 35% kalau ga punya NPWP.
Jadi kuambil kesimpulan, bersihnya penulis itu cuma dapet 65% dari 10% royalti itu kan?
tapi kalau penulis punya NPWP, pajak bisa ditekan sampai 15%, jadi penulis bisa dapet 85% dari 10% royalti itu.
tapi menurut bokap gw, penulis sekalipun punya NPWP, dia tetep dapet 65% dari 10% royalti sekalipun sudah ditekan jadi 15%,
karena yang 20% itu dibayarin penerbitnya.

kalau gw sendiri sih ... gw ga mau percaya omongan bokap gw. (sadis amat)
kesannya ga guna banget bikin NPWP ... ==a

Mudah2an kali ini gw nggak salah tanggap lagi...
Jadi yang gw tangkap dari bokap lo, mo kita kena pajak berapapun, kita tetep dapat 65% dari yang seharusnya kita dapat (Royalti 10%). begitu?
Kalo gitu kenapa nggak bikin perhitungan sederhana menurut teori bokap lo dan teori gw.

Misalkan buku kita telah terjual 1000 exp dengan harga 30ribu.
Jika royalti kita 10%, Berarti royalti yang kita terima = 10% x (30.000 X 1000) = 3.000.000 (belum kena pajak)
1. Jika kena pajak sebesar 15% berarti yang kita terima = 3.000.000 - (3.000.000 X 15%) = 2.550.000
2. Jika kena pajak sebesar 35% berarti yang kita terima = 3.000.000 - (3.000.000 X 35%) = 1.950.000

Selama ini yang gw dapet adalah menurut perhitungan no.1 (yang dibold) yaitu kena pajak 15% dan sesuai dengan perhitungan gw sendiri setiap terima royalti

Kalo menurut teori bokap lo :
- Penulis dapat 65% dari 10% royalti (3.000.000) walau udah punya NPWP yaitu 65% X 3.000.000 = 1.950.000 (sama dengan point 2)
Nggak cocok dengan apa yang udah gw dapet selama ini. Jadi boleh gw bilang kalo teori bokap lo nggak berdasar sama sekali. Pajak sebesar 15% tetap dipotong dari berapapun royalti si penulis yang telah mempunyai NPWP, walau pada prakteknya penerbit yang membayarkan royalti tsb (mewakili kita), tapi perhitungannya tetap sesuai dengan yang diatas Point No.1). Nanti kita dikasih kok salinan bukti pembayaran Pph dari kantor pajak dimana pajak kita dibayarkan penerbit.

Sorry,  tapi kalo boleh tau, bokap lo masih kerja? kerja dimana? Apa bokap lo nggak kena Pph? Sebab setau gw, sekarang ini kayaknya nggak ada deh orang/pegawai/pekerja yang menerima gaji atau honor secara utuh 100%, pasti dipotong Pph. Kalopun dia pengusaha atau pedagang, tetap kena pajak juga.

Dan suka atau nggak suka, berguna atau nggak, jelas sekarang NPWP itu boleh dibilang jadi salah satu hal "wajib" kalo kita berurusan dengan keuangan, apalagi yang berhubungan dengan pendapatan. Mungkin sekarang kita masih merasa nggak butuh NPWP, tapi suatu saat pasti butuh. Mo beli atau jual rumah aja sekarang juga harus pake NPWP loh kalo mo ngurus ke notaris, padahal dulu2 kan nggak. Bahkan pensiunan aja sekarang wajib punya NPWP kalo nggak mau uang pensiunnya tiap bulan dipotong. Jangan2 ntar kalo kita belanja di mall harus wajib punya NPWP kalo mo dapet diskon dari barang yang kita beli :)

No offense yaa.... it's just share.
Logged

fireCyclops

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 165
  • I Play - I Inspired - I Create
    • IKU
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #32 on: May 26, 2011, 09:29:29 am »

hahaha ... thx banget atas penjelasannya.

soal bokap gw, selama ini dia kerja interior design, dan baru kemaren bikin NPWP.
mau dibilang sotoy ... berhubung saya anaknya, rasanya saya tidak pantas.
yang jelas dia ngetawain saya waktu saya bilang mau bikin NPWP kemaren.

tapi lebih baik percaya sama yang udah pengalaman di bidang ini daripada sama orang yang bahkan sama sekali ga pernah baca buku kan?
thx a lot

sekarang, kira-kira kapan waktu yg tepat untuk bikin NPWP?
berhubung sekarang belum ada karyaku yang dimuat atau dicetak penerbit sama sekali...

cheppy70

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 930
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #33 on: May 26, 2011, 01:53:10 pm »

Sekedar tambahan info aja, pajak royalti 15% adalah pajak final, artinya langsung dipotong dari royalti yg diterima, dan setelah itu gak dihitung hitung lagi (dari penghasilan secara keseluruhan). Paling hanya perlu dilaporkan aja dalam SPT berikut bukti potongnya.

Yg dimaksud 65% itu adalah pajak penghasilan PPH 21 untuk karyawan dan sejenisnya yg terima penghasilan bulanan teratur, bukan royalti. Dan besarnya gak 35% murni, tapi ada berjenjang sesuai jumlah penghasilan.

Salam,
Logged

aysas

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 139
  • This is the point of no return
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #34 on: May 26, 2011, 06:32:24 pm »

hahaha ... thx banget atas penjelasannya.

soal bokap gw, selama ini dia kerja interior design, dan baru kemaren bikin NPWP.
mau dibilang sotoy ... berhubung saya anaknya, rasanya saya tidak pantas.
yang jelas dia ngetawain saya waktu saya bilang mau bikin NPWP kemaren.

tapi lebih baik percaya sama yang udah pengalaman di bidang ini daripada sama orang yang bahkan sama sekali ga pernah baca buku kan?
thx a lot

sekarang, kira-kira kapan waktu yg tepat untuk bikin NPWP?
berhubung sekarang belum ada karyaku yang dimuat atau dicetak penerbit sama sekali...

glek. sadar belum buat NPWP... ada yang mo nemenin ngurus gak? nggak? oh ya udah gw berangkat sendiri aja selasa depan. wkwkwk.
Logged

Luna_TR

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.154
    • http://novelku.com
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #35 on: May 27, 2011, 06:32:02 am »

hahaha ... thx banget atas penjelasannya.

soal bokap gw, selama ini dia kerja interior design, dan baru kemaren bikin NPWP.
mau dibilang sotoy ... berhubung saya anaknya, rasanya saya tidak pantas.
yang jelas dia ngetawain saya waktu saya bilang mau bikin NPWP kemaren.

tapi lebih baik percaya sama yang udah pengalaman di bidang ini daripada sama orang yang bahkan sama sekali ga pernah baca buku kan?
thx a lot

sekarang, kira-kira kapan waktu yg tepat untuk bikin NPWP?
berhubung sekarang belum ada karyaku yang dimuat atau dicetak penerbit sama sekali...

Kalo ada waktu senggang bisa bikin sekarang2. Cepet kok bikinnya, kalo nggak rame paling lama setengah jam udah kelar. Syaratnya cuman fotokopi KTP doang.

Gak ada salahnya bikin NPWP sekarang walau mungkin saat ini belum kepake. Toh kayaknya "trend" NPWP nggak cuman kepake untuk urusan penghasilan doang, tapi lama2 bisa merembet ke urusan lain. Lebih baik kalo udah siap kan?
Logged

horus boy

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10
  • kamu bisa jika bilang bisa
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #36 on: May 27, 2011, 09:54:06 am »

tiba-tiba ngomongin pajak  [hmpfh]

nanya dunk, kalo penulisnya masih di bawah umur (16 tahun kebawah) pajaknya gimna?

eh..eh...buat TS-nya

buat saya tujuan nulis itu semu, di satu sisi pengen dapet duit, di satu sisi pengen terkenal, apalagi buat pelajar kayag saya, terkenal dan duit adlh hal berharga, tapi sya lebih menghargai proses di balik itu.

jadi menurut sya, silahkan coba saran akang senior disini, hehehe

SAlam [eat]
Logged

Dream_Catcher

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 872
  • Eaaaa..... back to Lautan!
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #37 on: June 02, 2011, 09:06:29 pm »

klo dibawah umur, bisa pake nomor NPWP orang tuanya :)
Logged
<a href="http://www.goodreads.com/book/show/9887385-fantasy-fiesta-2010">Kumcer Fantasi Karya Anak-Anak Bangsa!</a>

Sursi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 18
    • My Notes
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #38 on: December 28, 2011, 11:39:33 am »

gw sih emang suka nulis. hobi nulis. gw udah tau royalty nya emang kecil. apalgi kalo ga laku. tapi buat gw, asalkan karya pertama gw udah tembus ke penerbit, itu jadi kebanggaan sendiri buat gw. uang tuh ga terlalu penting buat penulis pemula kaya gw. nanti mungkin buat novel kedua, ketiga, dst, mungkin akan gw pikirin jg. tapi yang penting sekarang, karya pertama kudu terbit dulu. mau laku apa kaga jangan di pikirkan. jadiin sbg pembelajaran.
Logged

A_LEX_XA

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 417
  • "Don't You Wanna See What You Could Have Won"
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #39 on: January 14, 2012, 09:14:26 am »


namanya juga hobi nulis,,,
sebaiknya nggak usah mikirin yang sulit sulit dulu,,,
berkarya aja terus,,, don't wory just because the unwilling situation. ;) ;)
Logged
Don't YOU WANNA SEE WHAT YOU COULD HAVE WON
Pages: 1 2 3 [4] 5   Go Up