;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 ... 15 16 17 18 [19] 20 21 22 23 ... 62   Go Down

Author Topic: Omongin tentang anjing... *part 2*  (Read 69809 times)

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #180 on: March 25, 2008, 06:16:21 PM »

Naluri Proteksi       
Anjing memiliki naluri alami yang sangat dikagumi dan diperlukan oleh manusia yaitu melindungi harta majikannya. Oleh karena naluri ini maka anjing sangat diandalkan menjadi penjaga dari jaman dulu.

Untuk dapat menjalankan naluri ini maka anjing perlu mengenal lingkungan dan pemiliknya terlebih dahulu. Anjing dapat mengetahui batasan-batasan area milik majikannya dan memiliki “radar” untuk mengetahui apakah ada seseorang atau mahluk lain yang masuk ke area majikannya. Selain area, anjing juga dapat mengenal anggota keluarga majikannya. Anjing tidak akan segan mempertaruhkan nyawanya demi keselamatan anggota keluarga majikannya.

Anjing yang memiliki naluri proteksi yang benar tidak akan menggonggong setiap saat. Anjing akan terlihat tenang tetapi jika ada sesuatu yang mencurigakan maka ia akan menyelidikinya.

 



 

Contoh anjing yang memiliki naluri proteksi yang benar :

1. Pada saat tamu datang maka anjing akan menyalak.

2. Ketika majikan membukakan pintu dan berbincang dengan tamu/orang asing maka anjing akan diam dan tidak menyalak lagi.

3. Anjing akan mulai waspada begitu hari mulai gelap. Anjing lebih mudah menyalak ketika menemukan sesuatu yang mencurigakan.

4. Anjing akan memperhatikan gerak-gerik tamu yang datang berkunjung.

5. Anjing akan menyalak jika tamu mengambil atau memegang benda milik majikannya.

6. Anjing akan menyalak jika tamu berbicara dengan nada yang tinggi.

Kadang, orang awam tidak percaya bahwa anjing dapat menjaga tuannya dari bahaya jika tidak dilatih. Dulu waktu saya masih remaja, saya memiliki seekor Dobermann berumur 6 bulan. Anjing ini tidak pernah dilatih sekalipun. Pada saat saya bermain dengan teman, teman saya mencekik leher saya. Tiba-tiba Dobermann tersebut menyerang teman saya dan untungnya tidak ada luka serius karena gigitan seekor Dobermann berumur 6 bulan.

Teman saya memiliki seekor anjing American Pit Bull Terrier yang tolol. Disebut tolol oleh teman saya karena anjing tersebut tidak menggonggong jika ada orang asing yang masuk ke perkarangan rumahnya. Anjing tersebut diberi makan oleh pembantu setiap hari. Suatu saat ketika si pembantu pulang kerumah sehabis berbelanja, tiba-tiba disergap oleh beberapa orang yang ternyata ingin merampok rumah teman saya. Pada saat si pembantu berteriak, si Pit Bull tolol ini tiba-tiba menyerang kawanan perampok tersebut. Satu orang dari mereka tergigit tangannya. Kawanan perampok tersebut kaget karena Pit Bull tolol ini menyerang mereka padahal pada saat menyelidiki suasana lingkungan rumah korban, anjing peliharaan korban tidak menggonggong pada saat ada orang asing yang masuk. Alhasil, si kawanan perampok lari terbirit-birit menyelamatkan diri. Sejak kejadian itu, nama Pit Bull tersebut berubah menjadi si Pintar dan disayang oleh seluruh anggota keluarga teman saya.

Beberapa tahun yang lalu saya memiliki seekor anjing Shetland Sheepdog. Anjing ini sangat baik kepada siapapun termasuk kepada anak saya yang pada saat itu masih berumur 2 tahun. Suatu hari anak saya terjatuh dilantai karena tersandung hingga menangis, baby sitter yang menjaga buru-buru menghampiri. Ketika baby sitter tersebut sedang menggendong anak saya dengan tidak sengaja tangannya menyentuh luka akibat terjatuh tadi dan si anak ini langsung menangis lagi. Tiba-tiba dari belakang anjing Shetland Sheepdog saya ini langsung menggigit si baby sitter. Untungnya saya melihat langsung kejadian ini dan berpikir bahwa anjing ini menyangka si baby sitter melukai anak saya. Dilain waktu, saya kedatangan Ibu Tatik (staf Perkin Jaya). Beliau datang karena saya ingin mentato anakan anjing Chihuahua saya yang berumur 2 bulan. Pada saat ingin mentato, Ibu Tatik meminta saya untuk memegang anjing Shetland Sheepdog tapi saya menolak karena berpikir anjing ini tidak akan mengganggu proses pentatoan. Ketika anakan Chihuahua tersebut menjerit karena sakit waktu ditato, tiba-tiba si anjing Shetland Sheepdog ini menggigit si Ibu Tatik. Mungkin, anjing saya ini berpikir kalau Ibu Tatik menyakiti anakan Chihuahua ini.

 

Anda pasti suka membaca tulisan diatas dan berpikir bagaimana caranya agar anjing peliharaan anda dapat seperti anjing-anjing diatas tadi.

Caranya mudah, sayangi anjing anda dengan segenap hati dan jalin hubungan yang baik maka dia akan selalu menjaga anda walaupun harus kehilangan nyawanya. Inilah naluri proteksi alami dari seekor anjing.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #181 on: March 25, 2008, 06:17:05 PM »

Komunikasi Antara Anjing Dan Manusia       

Komunikasi antara anjing dan manusia tidak menggunakan bahasa. Anjing tidak mengerti bahasa manusia apapun jenis bahasanya . Begitu juga dengan manusia tidak mengerti apa yang di gonggongkan oleh anjingnya. Jadi, dengan apa kita bisa berkomunikasi dengan anjing kesayangan kita? . Anjing mengerti bahasa isyarat dan nada suara. Apapun bahasa yang kita gunakan asalkan nada, tekanan, gaya bicara (logat bicara) dan jumlah suku katanya sama maka mereka akan mengerti.

Bahasa Manusia Ke Anjing.

Jangan berpikir kalau anjing akan langsung mengerti bahasa isyarat yang anda lakukan dihadapannya. Anjing perlu waktu untuk mempelajari bahasa isyarat kita. Contohnya, ketika kita melakukan kesalahan kita mengeluarkan kalimat dengan nada tinggi dan raut muka marah disertai dengan gerakan menunjuk. Anjing akan menyimpan bahasa isyarat ini dalam memorinya tetapi belum mengerti apa yang kita maksud. Agar anjing dapat mengerti apakah kita marah atau tidak maka kita juga harus memujinya jika dia melakukan hal yang benar. Untuk memberikan perintah agar anjing melakukan sesuatu seperti duduk, berbaring atau diam kita juga harus memberikan perintah dengan nada yang sama supaya anjing mudah mengingatnya. Jika menggunakan bahasa sebaiknya tidak lebih dari dua suku kata seperti du-duk , ti-dur, da-tang dan sebagainya. Begitu dia mengikuti perintah anda, berikan pujian agar ia senang dan mau melakukannya lagi untuk anda.

Bahasa untuk marah : Gunakan nada yang tinggi (bukan membentak), dan tampilkan raut muka marah atau tidak senang.

Bahasa untuk memuji : Gunakan nada yang senang, raut muka tersenyum dan berikan belaian dan tepukan ringan didadanya.

Bahasa untuk memerintah : Gunakan nada dengan sedikit tekanan pada suku kata kedua.

 



 

Bahasa Anjing Ke Manusia.

Seperti halnya bahasa manusia ke anjing, mereka juga mengungkapkan isi hatinya kepada kita melalui bahasa isyarat. Mungkin, manusia lebih mudah memahami bahasa anjing karena manusia memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dan bahasa mereka rata-rata hampir sama . Mereka menggunakn bahasa dengan suara gonggongan yang berbeda-beda untuk tiap ungkapannya dan menggunakan bahasa isyarat tubuh.

Isyarat jika senang : Kadang ada yang disertai dengan gonggongan ringan, tatapan mata riang, ekor dikibas-kibaskan, pinggul digoyang-goyangkan, dan disertai dengan jilatan.

Isyarat tidak senang : Tidak berani menatap terus-terusan kepada kita, tatapan mata sedih, ekor diturunkan atau dilipat diantara paha , kadang disertai suara seperti merintih, nada gonggongan tinggi/melengking.

Isyarat marah : Tatapan mata seperti melotot , memperlihatkan seluruh giginya disertai dengan geraman, ekor dinaikan, bulu sekitar punggung dan ekor berdiri . Kalau sudah memperlihatkan tanda-tanda seperti ini biasanya anjing tidak akan segan untuk menggigit.

Indera Mata Ke-6.

Anjing memiliki indera mata ke-6 , artinya anjing dapat memahami isi hati / perasaan kita. Anjing dapat mengetahui apakah kita sedang senang atau sedih. Indera mata ke-6 ini akan berfungsi jika kita memiliki hubungan yang baik dengan anjing kita sehingga terjalin suatu hubungan yang dinamakan hubungan batin. Anjing akan ikut merasa sedih dengan terlihat lebih diam jika kita sedang sedih, anjing akan terlihat riang dan mau mengajak kita bermain jika kita sedang senang. Atau, anjing akan mencoba menghibur kita jika kita sedang mengalami kesedihan. Mungkin inilah salah satu dari kelebihan anjing dibanding hewan lainnya sehingga ia dijadikan sahabat terbaik manusia sepanjang sejarah.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #182 on: March 25, 2008, 06:21:06 PM »

10 Hal Boleh Dan Tidak Untuk Anjing       

1. Anjing boleh diberi garam pada makanannya , asalkan jangan terlalu banyak. Tubuh anjing juga membutuhkan garam seperti juga kita untuk menjaga cairan dalam tubuh. Semua produk makanan anjing yang dijual dipasaran mengandung garam sekitar 1%-3%. Beri garam lebih banyak pada anjing menyusui , supaya ia selalu merasa haus sehingga akan minum lebih banyak. Hal ini akan memperbanyak air susunya.

 

2. Anjing tidak boleh diberi makan bawang merah karena akan merusak metabolisme tubuhnya.

 

3. Anjing boleh diberi makan bawang putih secara rutin. Bawang putih sangat berguna untuk mencegah cacingan dan kutu. Makanan yang diberi bawang putih akan mengeluarkan aroma yang sedap sehingga nafsu makan anjing bertambah.

 

4. Anjing tidak boleh diberi makan cokelat, selain merusak metabolisme tubuh juga merusak gigi.

 

5. Anjing boleh diberi makan daging mentah. Daging mentah tidak membuat anjing menjadi galak, itu adalah mitos. Daging mentah membuat anjing menjadi lebih segar karena daging mentah lebih mudah diserap oleh pencernaan anjing.

 

6. Anjing tidak boleh diberi makan hati mentah atau setengah matang. Hati mentah lebih beresiko mengandung cacing. Hati harus dimasak matang benar sebelum diberikan ke anjing.

 

7. Anjing boleh diberi makan tulang leher ayam karena kandungan kalsiumnya cukup tinggi. Tulang leher ayam tidak tajam seperti tulang paha ayam. Tulang leher sebaiknya diberi secara mentah karena jika dimasak membuat tulang menjadi lebih keras.

 

8. Anjing hamil tidak boleh diberi makan obat cacing karena akan menyebabkan keguguran. Obat cacing diberikan sebelum anjing dikawinkan dan 2 minngu sesudah melahirkan.

 

9. Anjing hamil boleh dimandikan , asalkan dengan perlakuan khusus. Anjing yang hamil harus terus terjaga kebersihannya terutama di daerah sekitar puting susu dan vagina.

 

10. Anjing tidak boleh dimandikan 3 hari sebelum dan 1 minggu sesudah divaksinasi. Anjing yang baru mendapat vaksinasi harus dijaga kesehatannya , karena setelah divaksinasi anjing akan lemah tubuhnya dalam beberapa hari.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #183 on: March 25, 2008, 06:22:57 PM »

Masalah Makan Pada Anjing       

Problem yang sering ditemukan pada penggemar anjing ras adalah problem nafsu makan anjing peliharaan mereka. Padahal, sebelum anjing tersebut dibeli atau dipelihara nafsu makannya sangat baik dan tinggi. Setelah beberapa hari dipelihara , nafsu makan mulai menurun atau anjing cepat bosan dengan makanan regularnya. Pemilik mulai bingung dengan membelikan dog food merek lain atau mencoba makanan lain. Pagi dikasih mau, sore sudah tidak mau lagi. Masa harus setiap kali makan, dog food harus ganti-ganti?. Kalau sudah begini, pertumbuhan anjing akan terganggu, badan mulai kurus, stamina berkurang dan akhirnya terserang penyakit.

Beberapa hal penyebab nafsu makan anjing berkurang:

1. Anjing hanya dipelihara sendiri, tidak punya teman sehingga tidak adanya daya saing.

2. Anjing yang baru tiba dirumah barunya langsung diberi makan (baca artikel: Tips merawat anjing yang baru dibeli).

3. Anjing mempunyai masalah dengan pencernaan, seperti: cacingan,kembung atau maag.

4. Anjing masih dalam kondisi sakit atau stress.

5. Anjing terlalu dimanja.

6. Anjing terlalu sering diberi cemilan atau kudapan.

7. Jadwal dan porsi makan yang tidak teratur.

8. Aktifitas kurang.

Langkah yang harus diambil:

1. Pelihara lebih dari 1 ekor anjing, sehingga ada teman untuk bermain dan saling berkompetisi. Semua anjing harus makan bersama-sama sehingga membuat anjing takut temannya akan merampas makanannya. Sehingga anjing akan berlomba untuk menghabiskan makanannya

2. Jangan beri makan anjing dalam waktu minimal 6 jam, pada saat anjing baru tiba dirumah.

3. Berikan obat cacing secara berkala.

4. Jika anjing dalam kondisi sakit atau stress. Usahakan , disembuhkan secara total. Selama sakit, anjing diberi makan vitamin khusus penambah nafsu makan.

5. Jangan terlalu memanjakan anjing anda. Beri dia jadwal puasa sehari penuh setiap minggu. Jangan beri makan dalam satu hari, hanya diberi air minum saja.

6. Hentikan pemberian cemilan atau kudapan. Jangan terlalu memperkenalkan rasa pada anjing, karena akan mengurangi selera makan jika diberi dog food kering.

7. Buat jadwal makan secara teratur. Anjing anakan sampai umur 3 bulan, makan 4 kali sehari, beri jarak waktu sekitar 4-5 jam. Untuk anjing diatas umur 3 bulan , makan 3 kali dengan jarak waktu 6-7 jam. Untuk anjing diatas 6 bulan, makan 2 kali dengan jarak waktu 12 jam. Berikan waktu sekitar 20 menit untuk anjing menghabiskan makanannya. Jika belum habis setelah 20 menit, segera angkat dan jangan diberikan lagi sampai jadwal makan berikutnya.

8. Olahragakan anjing secara teratur 1 jam sebelum jadwal makan.

Bagaimana memulihkan nafsu makan anjing ?

Hari ke 1 : Anjing dipuasakan , jangan diberi makan sedikitpun dalam waktu 24 jam.

Hari ke 2-4: Berikan anjing makan dengan porsi ¼ dari porsi makan biasa. Beri waktu 20 menit, jika tidak habis segera diangkat.

Hari ke 5-6 : Bila pada hari ke 2 – 4 anjing sudah menghabiskan porsi makannya, porsi makan boleh ditambah ¼ porsi lagi. Jika tidak , tetap berikan ¼ porsi.

Hari ke 7 : Anjing dipuasakan lagi.

Hari ke 8-13 : Tambah porsi makan hingga ¾ porsi makan seharusnya.

Hari ke 14 : Anjing dipuasakan lagi.

Hari ke 15 : Berikan makan dengan 1 porsi.

Selanjutnya tiap hari ke 7 anjing dipuasakan.

Note:

Anjing dalam keadaan sehat, terapi ini jangan diterapkan jika anjing dalam keadaan sakit.

Setiap hari anjing diberikan vitamin penambah nafsu makan.

Jangan memakai patokan porsi yang tertera pada packing dog food karena setiap anjing berbeda kebutuhannya.
Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #184 on: March 25, 2008, 06:24:35 PM »

Langkah-Langkah Disinfektan

Apa yang harus kita lakukan ketika anjing peliharaan kita mati karena terkena penyakit seperti Parvo Virus , Distemper , atau penyakit menular lainnya. Sedangkan kita masih memiliki anjing lainnya atau masih ingin memelihara anjing lagi. Ikuti beberapa langkah disinfektan berikut ini.

1. Segera pindahkan anjing peliharaan lainnya ke lokasi yang lebih aman . Anda bias menitipkan di rumah teman atau anggota keluarga lainnya yang lokasinya agak berjauhan.

2. Sebaiknya, jasad anjing yang mati terkena penyakit menular dikremasi (bakar) untuk membunuh virus yang masih bersarang di jasad anjing tersebut. Kalau anda ingin mengubur jasad anjing tersebut sebaiknya pilih lokasi yang jauh dari rumah anda. Jasad anjing harus dikubur dengan kedalaman minimal 1 meter, lalu ditaburi dengan bubuk kaporit atau cairan pemutih secukupnya.

3. Musnahkan perlengkapan bekas anjing yangterkena penyakit, seperti tempat makan / minum , boneka tau mainan yang biasa digunakan anjing tersebut, tempat tidur atau kasur, dan sisa stok makanan (dogfood) yang masih ada. Kemungkinan adanya virus di perlengkapan anjing yang terkena penyakit sangat besar , dikhawatirkan bias menyerang anjing yang lain atau yang baru.

4. Bersihkan kandang dengan menggunakan cairan pemutih pakaian (merek apa saja) lalu dijemur dibawah terik matahari minimal 1 kali sehari selama 2 minggu. Jika kandang terbuat dari bahan kayu sebaiknya jangan digunakan lagi.

5. Bersihkan seluruh tempat dirumah anda terutama tempat dimana anjing yang terkena penyakit sering berada juga dengan cairan pemutih minimal 2 kali sehari selama 2 minggu.

6. Selama masa disinfektan, usahakan untuk tidak mengunjungi pusat penjualan anjing atau teman anda yang juga memelihara anjing guna mencegah penularan penyakit. Mungkin saja sisa-sisa virus yang ada menempel apada pakaian anda.

NOTE: Untuk bahan disinfektan selain pemutih , anda juga bias menggunakan obat khusus untuk disinfektan yang dijual di pet shop atau toko ternak.
Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #185 on: March 25, 2008, 06:25:37 PM »

Tips Berpergian Bersama Anjing      

Ada kalanya kita ingin berpergian keluar kota bersama anjing kesayangan kita atau ingin mengikuti pameran anjing ras yang diselenggarakan di luar kota. Berikut tips-tipsnya:

1. Minimal 6 jam sebelum berangkat anjing sudah harus dipuasakan untuk mencegah anjing tidak muntah atau buang air besar di perjalanan.

2. Gunakan kennel box yang sesuai dengan ukuran anjing. Terlalu besar menyebabkan anjing mudah mabuk, terlalu kecil menyebabkan anjing tidak bias bergerak.

3. Jika perlu, berikan obat anti mabuk yang biasa digunakan pada manusia.

4. Sediakan Koran bekas dan kantung plastic untuk berjaga-jaga jika anjing muntah atau buang air besar selama perjalanan.

5. Berhenti setiap 3-5 jam sekali untuk mengeluarkan anjing. Cari lokasi perberhentian yang aman. Ajak anjing berjalan-jalan selama 15 menit. Selama istirahat, anjing boleh diberi minum.

6. Untuk menjaga agar stamina tetap prima selama perjalanan, berikan makanan pengganti yang berupa gel atau pasta yang banyak dijual di pet shop. Air minum sebaiknya dicampur dengan madu atau gula merah .

7. Setelah tiba, anjing jangan langsung diberi makan. Tunggu samapai 2 jam agar anjing dapat beradaptasi dilingkungan yang baru.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #186 on: March 25, 2008, 06:26:49 PM »

Pilih Mana : Dog Food Atau Makanan Alami ?


Memelihara atau merawat anjing sangat bergantung dari makanan yang kita berikan. Ada teori yang mengatakan bahwa kualitas anatomi anjing berasal dari 50% genetik yang dibawa dari orang tuanya dan 50% perawatan dan pemeliharaan. Perawatan dan pemeliharaan seperti latihan dan pemberian nutrisi ternyata sangat berperan dalam membentuk anatomi anjing yang baik. Anjing yang memiliki genetik atau bloodline yang istimewa tidak akan tumbuh dengan baik jika latihan dan nutrisi yang diberikan buruk. Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah tentang nutrisi atau makanan dalam bentuk apa yang akan kita berikan untuk anjing kita.

Ada dua jenis makanan yang dapat kita berikan , dog food siap saji atau makanan yang kita buat sendiri (home made). Masing-masing dari jenis makanan diatas memiliki keunggulan dan kekurangan .

Dog Food Siap Saji

Sekarang banyak tersedia berbagai macam merek dan jenis dog food dari yang berkualitas rendah dengan harga murah sampai yang berkualitas tinggi dengan (tentunya) harga mahal. Konsumen tinggal memilih dog food yang sesuai dengan budget atau yang paling cocok dan disukai oleh anjingnya.

Keunggulan Dog Food Siap Saji

1. Praktis.

Konsumen tidak perlu membuang waktu lagi untuk memasak karena dog food yang dibeli sudah siap saji dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama .

2. Takaran Nutrisi Yang Tepat.

Konsumen tidak perlu berhitung berapa protein , lemak, atau karbohidrat yang tepat untuk anjingnya. Tersedia banyak pilihan untuk anjing anakan sampai anjing tua.

3. Nutrisi Yang Lengkap .

Dog food siap saji walaupun berkualitas rendah sudah memiliki nutrisi yang lengkap seperti vitamin, mineral, dan zat-zat lainnya yang diperlukan oleh anjing . Tidak diperlukan makanan tambahan atau suplemen tambahan jika tidak dianjurkan oleh dokter hewan.

Kekurangan Dog Food Siap Saji

1. Harga.

Dog food siap saji biasanya dikemas dalam ukuran 500 Gram sampai 25 Kilogram. Untuk kemasan yang terkecil biasanya harga perkilo akan lebih mahal daripada harga perkilo kemasan 25 Kilogram. Jika konsumen memilih kemasan yang paling besar agar mendapat harga perkilo yang lebih murah, konsumen diharuskan mengeluarkan uang dalam jumlah uang yang sangat besar diawal pembelian.

2. Bahan kimia.

Untuk menjaga nutrisi yang terkandung didalam dog food diperlukan bahan pengawet. Bahan pengawet kimia akan mengganggu kesehatan anjing untuk jangka waktu yang lama. Anjing yang mengkonsumsi dog food dengan bahan pengawet kimia (biasanya) akan menderita berbagai penyakit seperti kanker atau tumor diusia tuanya. Untuk mendapat dog food yang tidak memakai bahan pengawet kimia, konsumen harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk membeli dog food yang memakai bahan pengawet alami seperti rosemary extract atau dog food yang memakai bahan pembungkus kemasan dari alumunium foil yang dapat menjaga kualitas dog food didalamnya.

Makanan Alami

Makanan alami atau home made biasanya terdiri dari campuran dari daging, sayuran, dan sumber karbohidrat seperti beras , kentang, atau jagung. Ada juga yang memberi sisa makanan manusia untuk anjingnya. Biasanya , anjing lebih menyukai makanan alami atau sisa makanan majikannya daripada dog food siap saji. Keunggulan Makanan Alami

1. Sehat.

Makanan alami umumnya lebih sehat dan baik untuk anjing karena tidak memakai bahan kimia seperti zat perasa, pewarna, atau pengawet kimia. Nutrisi yang terkandung didalamnya lebih mudah dicerna oleh anjing sehingga meringankan kerja pencernaan.

Kekurangan makanan Alami

1. Tidak Praktis.

Makanan harus dipersiapkan terlebih dahulu dari pemotongan daging atau sayuran sampai proses pemasakan yang memerlukan waktu yang tidak sedikit.

2. Harga.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seekor anjing Rottweiler dewasa setidaknya diperlukan 1 Kilogram daging ayam atau sapi setiap hari . Setidaknya sudah dapat dihitung biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya untuk memelihara seekor anjing Rottweiler dewasa.

3. Nutrisi yang tidak seimbang.

Mungkin anda berpikir , nutrisi anjing anda sudah terpenuhi dengan memberikan jumlah daging yang cukup banyak tetapi anjing tidak hanya memerlukan nutrisi dari daging saja tetapi juga dari sayuran dan karbohidrat. Belum lagi hitungan kadar protein, lemak, karbohidrat, kalori dan lain sebagainya . Kebutuhan nutrisi anjing sangat berbeda-beda tergantung dari umur, jenis trah, aktifitas, dan lain sebagainya.

Kembali ke pertanyaan diatas, jenis makanan apa yang akan kita berikan untuk anjing kita? Semuanya tergantung dari pilihan anda, pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #187 on: March 25, 2008, 06:28:44 PM »

Sering Mandi Penyebab Penyakit Kulit       

Seberapa sering memandikan anjing dan bagaimana melakukannya dengan benar merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh penggemar anjing pemula. Banyak yang berpikir jika sering dimandikan anjingnya akan terhindar dari penyakit kulit dan bau. Ternyata, setelah sering dimandikan badan anjing malahan mengeluarkan bau lebih cepat atau menjadi mudah bau, dan terserang penyakit kulit.

Minyak Pada Kulit

Kulit anjing mengeluarkan minyak untuk mempertahankan kulit agar elastis dan menjaga bulu supaya kuat dan tidak mudah patah atau rontok. Bulu anjing akan terasa berminyak jika sudah lama tidak dimandikan. Minyak ini akan hilang ketika kita memandikannya dengan menggunakan bahan deterjen yang ada pada shampoo. Karena sifat minyak menahan kotoran maka kita harus memandikannya secara berkala agar kulit dan bulu anjing kita tidak dekil. Jika kita sering memandikan anjing kita sehingga kulit dan bulunya terbebas dari minyak tersebut maka kulit dan bulu anjing akan menjadi lebih kering. Kulit yang kering menimbulkan efek gatal sehingga anjing akan lebih sering untuk menggaruk. Garukan akan menyebabkan luka yang dapat mengundang masuknya bakteri atau parasit penyebab sakit kulit. Anjing yang menderita penyakit kulit akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Selain itu, ternyata minyak yang dihasilkan oleh kulit anjing ini berfungsi untuk menangkal serangan bakteri atau parasit sehingga anjing tidak mudah terserang penyakit kulit. Minyak ini juga membuat bulu terlihat mengkilap dan tebal.

Produktifitas minyak ini sangat bergantung dari makanan yang dimakan oleh anjing. Untuk daerah tropis seperti Indonesia disarankan untuk menambahkan minyak nabati pada menu makanan .

Shampoo dan conditioner yang diformulakan untuk anjing juga mengandung minyak sintetis atau alami untuk menggantikan sementara minyak yang hilang sewaktu anjing dimandikan. Oleh karena itu pemilihan shampoo dan conditioner yang benar merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh pemilik.

 

 

 



 


Mengeringkan Bulu Sesudah Mandi

Banyak orang menggunakan cara alami untuk mengeringkan bulu anjingnya setelah dimandikan, dijemur dibawah terik matahari. Untuk anjing yang memiliki sedikit bulu dalam / under coat atau tidak punya sama sekali seperti Great Dane, Dobermann, Miniature Pincher tidak terlalu masalah jika dikeringkan dengan cara ini. Tapi untuk anjing yang memiliki bulu dalam / .under coat atau bulu yang panjang dan tebal seperti Golden Retriever, Shih Tzu, Poodle, American Cocker Spaniel dan yang lainnya pengeringan dengan cara dijemur bukan cara yang benar. Kita tidak mungkin menjemur anjing kita seharian dibawah terik matahari seperti kita menjemur bantal atau kasur. Anjing bisa terserang heat stroke jika terlalu lama dijemur dibawah matahari. Pengeringan dibawah terik matahari hanya mengeringkan bulu bagian luar saja. Mungkin, sekilas kita rasakan seluruh bagian bulunya sudah kering tetapi pada kenyataanya tidak. Bulu dalam yang tidak kering akan menjadi lembab hingga menyebabkan bau yang tidak enak dan memudahkan untuk bakteri atau parasit untuk berkembang biak sehingga anjing terserang penyakit kulit.

Mengeringkan bulu anjing yang benar adalah menggunakan blower khusus yang dirancang untuk anjing . Bentuknya ada yang seperti hair dryer yang biasa digunakan oleh kita. Yang membedakan hanyalah kekuatan tiupan angin dan suhunya saja. Blower khusus untuk anjing bekerja dengan meniup air yang berada di kulit dan bulu agar air tersebut jatuh kelantai, bukan dengan menguapkannya seperti hair dryer. Cara kerjanya lebih mirip dengan hand dryerhair dryer . Jika kita mengeringkan anjing kita dengan menggunakan hair dryer maka kulit dan bulu anjing akan “hangus” oleh panasnya udara yang dihasilkan oleh elemen pemanas yang terdapat pada hair dryer tersebut. Waktu yang digunakan untuk mengeringkan juga sangat lama karena tekanan/aliran udara yang dihasilkan sangat rendah dibanding dengan blower khusus anjing.

Nah, bagaimana caranya jika kita tidak mempunyai blower tersebut apalagi harganya cukup mahal? . Banyak jalan menuju ke Roma, begitu kata peribahasa. Anjing yang habis dimandikan dikeringkan dengan menggunakan lap karet (biasa disebut kain lap kanebo) yang sering digunakan untuk mengeringkan mobil. Lap karet ini memiliki daya serap yang tinggi dibandingkan dengan handuk biasa sehingga bulu anjing lebih cepat terbebas dari air. Setelah itu anjing ditaruh ditempat yang dialiri angin atau dapat menggunakan kipas angin tetapi jangan terkena sinar matahari . Akan lebih baik jika anjing ditaruh diruangan ber-AC dan dibantu dengan kipas angin sampai anjing anda kering. Proses pengeringan dengan cara dingin ini lebih cocok untuk anjing karena bulu dalam / under coat tidak menjadi lembab sehingga tidak menimbulkan bau.

Setelah bulu anjing anda kering 100%, taburi bedak bayi atau jika ada bedak khusus untuk anjing yang tidak mengandung formula anti kutu. Setelah ditaburi dengan bedak, bulu anjing disisir atau disikat agar sisa bedak hilang .

Berapa Sering Anjing Dimandikan ?

Berapa sering anjing dimandikan tergantung dari jenis bulu dan lingkungan anjing tersebut . Anjing yang berbulu pendek seperti Dachshund (Tekel), Miniature Pincher, Boxer, Chihuahua smooth coat, dan sejenisnya jika dipelihara diluar rumah / outdoor sebaiknya dimandikan satu bulan sekali dan jika dipelihara didalam rumah / indoor dimandikan tiga bulan sekali. Nah, bagaimana jika anjing sudah bau sebelum jadwal mandinya tiba? Mandikan dengan cara kering, gunakan bedak bayi atau bedak khusus anjing . Kalau bisa gunakan dry shampoo yang banyak dijual di toko-toko hewan. Taburkan bedak diseluruh permukaan kulit anjing setelah itu bulu disisir atau disikat agar bedak dan kotoran dapat terangkat. Lakukan mandi kering secara berkala dan teratur, misalnya tiga hari sekali supaya anjing tetap bersih dan harum.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #188 on: March 25, 2008, 06:29:55 PM »

Mengapa Anjing Suka Mengunyah (Chewing)      

Mengunyah merupakan suatu kebiasaan alami seekor anjing mulai dari anakan sampai dewasa . Kebiasaan alami ini sangat baik sewaktu anjing masih hidup normal secara liar. Mereka mengunyah untuk makan atau memotong buruannya agar bisa dimakan. Selain untuk makan, mengunyah juga berguna untuk membersihkan gigi mereka dari sisa-sisa makanan sehingga terhindar dari plak gigi. Untuk membersihkan gigi mereka mengunyah tulang-tulang dari hewan buruannya dan juga mengambil kalsium dari tulang tersebut.

Setelah dipelihara oleh manusia, kebiasaan ini tidak hilang dan dianggap buruk oleh manusia karena sering merusak benda milik manusia yang seharusnya tidak dijadikan objek untuk dikunyah. Banyak orang yang mengeluh, anjingnya tetap suka menggigiti perabotan rumah walaupun sudah dewasa. Mereka berpikir kalau anjing mengunyah karena gigi mereka gatal dan akan mengalami pergantian gigi dari gigi susu ke gigi dewasa. Tapi setelah gigi dewasa tumbuh dengan sempurna, anjing tetap melanjutkan kebiasaanya.

Faktor-faktor penyebab anjing mengunyah :

Alat eksplorasi : Untuk anakan anjing , mulut merupakan alat eksplorasi mereka untuk mempelajari suatu benda, untuk bermain bersama majikannya atau temannya. Oleh karena itu mengapa mereka suka menggigit tangan kita .

Masa pergantian gigi : Gigi yang sedang tumbuh atau akan tanggal pasti membuat kondisi yang kurang enak di gusi bagi anjing. Untuk mengatasi hal ini anjing akan mengunyah sesuatu agar menghilangkan rasa sakit. Seperti jika kita sedang gatal pada kulit maka kita akan menggaruk tetapi yang terjadi ketika sedang tumbuh gigi atau gigi akan tanggal tidak akan menghilangkan rasa sakit dengan mengunyah sesuatu tetapi akan bertambah sakit pada gusinya. Anjing akan merasa resah sehingga akan terus mengunyah sesuatu.

Stress : Anjing yang sedang stress akan sering menggunyah sesuatu dimulutnya . Kadang dilakukan secara berlebihan . Anjing yang sedang mengalami kebosanan juga akan melakukan hal ini untuk mengisi waktunya.

Membersihkan gigi : Sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi pasti juga membut kondisi tidak nyaman bagi manusia dan anjing. Manusia melakukan sikat gigi , anjing juga melakukannya hanya saja caranya berbeda. Anjing menggunakan sesuatu yang keras atau kenyal untuk menyikat giginya. Oleh karena itu, pemberian tulang seperti dengkul sapi sangat membantu kebersihan gigi pada anjing.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini adalah hal yang sulit, kita harus menyalurkan kebisaan ini menjadi suatu kegiatan yang positif agar kebiasaan ini tidak mengganggu kita. Berikut hal-hal yang harus kita lakukan :

Berikan mainan : Dipasaran sudah banyak tersedia mainan untuk anjing yang dirancang khusus agar tidak membahayakan atau meracuni anjing jika tertelan. Pilih ukuran atau jenis yang sesuai dengan anjing anda. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual tentang kualitas barang yang dijual.

Berikan tulang-tulangan : Sangat dianjurkan jika anda bisa menyediakan tulang asli bukan buatan manusia. Biasa menggunakan tulang dengkul sapi atau tulang rawan . Jangan menggunakan tulang ayam atau tulang iga yang patahannya menjdi tajam karena akan melukai anjing. Kekurangan dari tulang asli ini adalah menimbulkan bau dan mengundang lalat karena tulang ini dapat membusuk. Jika anda tidak menyukai hal ini maka pilih alternatif kedua yaitu tulang-tulangan atau yang dikenal dengan nama rawhide bone . Tulang ini dibuat menyerupai tulang asli tetapi menggunakan bahan dari kulit sapi. Kulit dikeringkan dan diproses hingga berbentuk tulang. Rawhide yang semula keras akan melunak dan alot jika terkena air liur anjing. Pada umumnya anjing akan menyukai rawhide karena rasa dan aromanya yang menyerupai tulang.

Berikan aktifitas : Ternyata anjing lebih mudah mengalami kebosanan dan kesepian jika ditinggal sendiri oleh majikannya. Anjing akan melakukan aktifitas untuk mengurangi rasa jenuhnya ini dan hal yang dilakukan biasanya merugikan manusia. Jika anda rutin meninggalkan anjing sendirian karena kerja ada baiknya untuk mengajak anjing bermain sebelum anda berangkat kerja. Ajak anjing bermain hingga lelah sehingga sepanjang hari ia akan beristirahat. Jangan lupa untuk memberikan mainan agar anjing dapat bermain sendiri selama anda tidak berada dirumah.

Latih anjing anda : Anjing yang sudah terlatih atau disekolahkan lebih dapat membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Jika ia menggigit sepatu anda dan anda larang, dia akan cept mengerti bahwa apa yang dia lakukan adalah salah sehingga dia tidak akan mengulanginya lagi.

Beri tempat yang aman : Jika anjing anda tetap tidak bisa dipercaya untuk tidak merusak barang maka jalan terakhir adalah menaruh dia ditempat yang aman / kandang selama anda tidak berada didekatnya. Hal ini juga harus dilakukan jika disekelilingnya terdapat benda yang dapat membahayakan kesehatannya. Anakan anjing belum bisa membedakan keadaan bahaya sehingga sering merugikan dirinya sendiri.

Beberapa individu tidak suka melakukan kebiasaan mengunyah ini malahan dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuhnya. Anjing yang tidak suka mengunyah akan mempercepat kerusakan pada gigi karena kotoran yang menempel pada giginya tidak dibersihkan. Gigi yang tidak sehat akan menimbulkan gangguan pada organ tubuh . Nah, jika anda memiliki anjing seperti ini , ada baiknya anda membersihkan secara teratur gigi anjing anda. Ada dua cara untuk membersihkannya :

Berikan dog food yang dirancang khusus untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi. Dog food ini biasanya memiliki ukuran butir (kibble) yang besar. Butiran ini jika digigit akan terbelah dan akan menggores permukaan gigi . Butiran dog food tidak renyah tetapi agak kenyal / alot supaya tidak hancur berantakan jika dikunyah.

Lakukan pembersihan secara manual dengan menyikat gigi anjing menggunakan sikat gigi yang biasa kita pakai. Gunakan pasta gigi yang aman jika tertelan, biasanya pasta gigi untuk anak-anak aman jika tertelan. Menyikat gigi dapat dilakukan satu kali seminggu. Jika anjing anda tidak bisa diam ketika anda menggosok giginya, ada baiknya untuk meminta bantuan dokter hewan. Dokter hewan akan menggunakan obat bius agar anjing bisa tenang ketika giginya dibersihkan. Lakukan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun.

Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Omongin tentang anjing... *part 2*
« Reply #189 on: March 25, 2008, 06:31:04 PM »

Mengapa Anjing Perlu Kandang      

Anakan anjing biasanya memiliki kebiasaan alami yaitu merusak atau menggigit barang yang ada disekitarnya. Kebiasaan ini sebenarnya bukan hal yang buruk bagi mereka tetapi cara mereka untuk bereksplorasi pada lingkungan . Ditambah dengan sifat kanak-kanak mereka yang masih selalu ingin bermain. Adakalanya , apa yang mereka lakukan justru membahayakan keselamatan mereka tanpa sadar.

Jika anda memiliki anakan anjing sebaiknya selalu mengawasi ketika mereka sedang bermain sama seperti kita menjaga anak kita yang sedang bermain. Jika waktu bermainnya sudah habis atau anda memiliki kegiatan yang lain sebaiknya anda memiliki tempat untuk mereka yang aman yaitu kandang sampai mereka dapat mengerti mana yang bahaya dan mana yang aman untuk keselamatan mereka.

Sebagian orang berpikir kalau kandang adalah tempat yang buruk dan kejam untuk anakan anjing kesayangan mereka. Jika anda memiliki waktu penuh untuk memperhatikan dan mengawasi anakan anjing anda, silakan untuk terus berpikir seperti itu tapi jika tidak sebaiknya anda mulai menyiapkan kandang yang nyaman untuk mereka.

Anjing memiliki kebutuhan naluri yang sama dengan manusia yaitu berteduh. Di alam aslinya anjing membuat sendiri kandangnya yaitu dengan menggali lubang untuk membuat tempat semacam gua. Mereka menciptakan suatu ruangan yang mereka anggap aman untuk mereka dan anak-anak mereka dari bahaya.

Berikan kandang yang nyaman untuk anakan anjing anda, taruh beberapa mainan kesukaan mereka dan berikan selimut agar mereka nyaman. Ukuran kandang harus disesuaikan dengan ukuran tubuh mereka. Kandang yang baik harus memiliki ruang yang cukup untuk bermain, tidur, dan ruang untuk mereka buang kotoran. Jika kandang terlalu sempit dan mereka akan berada didalam kandang tersebut dalam waktu yang cukup lama maka anda akan mendapat kesulitan jika mereka buang kotoran. Kotoran akan terinjak dan melekat pada bulu mereka. Anjing juga akan cepat bosan berada didalam kandang yang sempit.

Tips melatih anjing agar betah dikandang :

sebelum masuk kedalam kandang sebaiknya anjing diajak bermain / latihan agar tenaganya terkuras. Anjing akan lelah dan akan lebih pasif selama berada didalam kandang.
Ajak anjing untuk buang kotoran terlebih dahulu .
Berikan makanan didalam kandang. Kadang , jika anda memberikannya snack sebaiknya diberikan didalam kandangnya agar mereka merasa nyaman ketika menikmati snack tersebut. Mereka juga akan merasa aman dari gangguan temannya ketika sedang makan.
Selalu berikan pujian dan belaian pada saat anda memasukan mereka kedalam kandang.
Pada dua hari pertama , jika anakan anjing menangis ketika dimasukan kedalam kandang sebaiknya anda tidak merespon . Jika anda meresponnya maka anjing anda tidak akan pernah mau untuk masuk kandang lagi.
Taruh beberapa mainan kesayangan mereka agar tetap dapat bermain .
Sebaiknya anakan anjing dimasukan kedalam kandang jika anda sedang tidak berada didekatnya sampai berumur 5 bulan dan jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum didalam kandangnya. Untuk anjing dewasa yang telah terlatih masuk kandang akan memberi beberapa keuntungan bagi anda seperti jika anda kedatangan tamu yang tidak menyukai anjing, sedang membersihkan rumah , ingin menitipkan mereka ditempat penitipan selama anda pergi berlibur dan lain sebagainya.
Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm
Pages: 1 ... 15 16 17 18 [19] 20 21 22 23 ... 62   Go Up