;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Anak-Anak Binaan Sinetron  (Read 3436 times)

Muhammad Ihsan

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 56
Anak-Anak Binaan Sinetron
« on: March 05, 2008, 02:23:35 am »

Anak-Anak Binaan Sinetron

Oleh Sabrul Jamil

Suatu sore di Majelis Anak Sholeh, sekolah di garasi kami. Tengah berlangsung seru tebak-tebakan seputar nama-nama nabi. Hampir seluruh santri antusias menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan guru mereka. Dan hampir setiap pertanyaan pula dapat terjawab anak-anak dengan baik.

Tiba-tiba, salah seorang santriwati, yang sejak tadi tidak pernah menjawab satu kalipun, berseru kepada ibu guru,

“Bu guru, pertanyaannya diganti aja dong, aku nggak bisa jawab...!”

“Diganti? Tentang apa, misalnya”, jawab bu guru dengan bijak.

“Mm.. pertanyaannya, siapa pemeran Azizah di sinetron puteri Azizah.. gitu bu guru..!”

Ibu guru, dengan agak terkejut, balik bertanya, “Memang kamu tahu, siapa pemerannya?” Bu Gurunya memang tidak tahu menahu tentang sinetron itu.

“Tahu dong, bu! Kirana Larasati!” Jawab si anak dengan lantang.

* * * * *

Cerita tadi disampaikan isteri saya, pada salah satu obrolan kami saat makan malam. Kebetulan memang yang pada saat itu menjadi guru adalah isteri saya. Para santri dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok terkecil, yang ikut main tebak-tebakan, umumnya usia TK.

Dari peristiwa tersebut, , ada beberapa hal yang menjadi pelajaran penting bagi kami, dan ingin saya sajikan lewat buletin ini.

Pertama, ternyata, pada umumnya setiap anak adalah cerdas. Mereka mampu merekam segala sesuatu dengan cepat, lebih dari yang kita sadari. Kalau mereka tidak mengetahui sesuatu, lebih karena tidak pernah diberitahu, dan bukan karena bodoh. Terbukti, menghapal nama artis yang lumayan sulit seperti Tamara Blezinki mampu dilakukan.

Jika kemudian yang lebih banyak mereka ingat adalah nama-nama artis, ketimbang nama nabi, sahabat, dan para ulama, berarti mereka memang lebih banyak dikenalkan - secara sadar ataupun tidak - dengan itu semua.

Siapa yang paling bertanggung jawab mengenalkan Islam sejak dini? Tentu saja orang tua mereka, kemudian para guru, dan lingkungan tempat mereka biasa berinteraksi.

Kedua, menyambung point pertama tadi, pada dasarnya setiap orang tua ingin anaknya lebih mengenal dan mencintai Islam. Tidak sulit untuk membuktikan argumen ini. Kenyataan bahwa mereka mengirim anaknya ke TPA adalah wujud keinginan mereka agar anak-anak mereka ‘melek’ Islam.

Mereka ingin anak-anaknya pandai membaca AlQuran, rajin sholat, disiplin menggunakan busana muslimah, sopan terhadap orang tua, hormat kepada guru, dan sederet atribut kesholihan lainnya.

Namun, sayangnya, keinginan yang mulia ini tidak selalu diiringi kesadaran dari para orang tua untuk memulai perubahan dari diri mereka sendiri terlebih dahulu.

Ketika mereka ingin anaknya rajin mengaji, mereka sendiri sering berat melangkah ke pengajian. Ketika mereka ingin anaknya lancar membaca AlQuran, mereka sendiri tidak pernah mencontohkan rutin membaca AlQuran. Ketika mereka ingin anak-anaknya rajin sholat, mereka sendiri tidak mencontohkan hal tersebut.

Mereka ingin anak-anak berlaku sopan, mereka sendiri terkadang tidak mempedulikan sopan santun ketika bicara kepada anak. Mereka ingin anak-anak menutup aurat, mereka sendiri lebih memilih mengikuti mode ketimbang mengikuti tuntunan sunah.

Pendidikan pertama dimulai dari rumah, oleh ibu dan ayah, bukan dari play group apalagi TK.

Anak-anak merekam kebiasaan-kebiasaan orang tua mereka. Misalnya, contoh yang mungkin sering tidak kita sadari, kebiasaan orang tua untuk berkeluh kesah, entah menghadapi masalah kantor, atau sekedar mengeluhkan hari yang panas atau hujan, atau sekedar nyamuk yang berkeliaran menjelang tidur, akan terekam di alam bawah sadar mereka. Mereka pun akan mudah mengeluh menghadapi berbagai kesulitan.

Kebiasaan-kebiasaan orang tua yang lainnya juga akan mereka ikuti tanpa sadar. Orang tua yang banyak menghabiskan waktunya di depan televisi, tidak perlu heran jika menemukan anaknya lebih senang menonton sinetron ketimbang membaca.

Seharusnya, ada keselarasan antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah. Nilai-nilai Islami yang diajarkan di sekolah hendaknya menemukan kenyataan praktisnya di rumah. Anak-anak dapat melihat contoh langsung dari orang tua, dan lingkungan mereka.

Perbedaan tata nilai antara tempat pendidikan seperti TPA, dengan rumah berpotensi membingungkan anak, dan melunturkan nilai-nilai Islami yang sudah mereka pelajari.

Nah, ada hal terakhir yang hendak saya sampaikan sebagai penutup, yaitu, ajakan untuk melakukan introspeksi.

Introspeksi terhadap apa?

Introspeksi seberapa jauh kita sudah mengenal diin kita sendiri. Jangan-jangan, seperti santri yang tadi saya ceritakan, kita lebih mengenal para artis, sejarah hidupnya, lika liku perjalanan karirnya, kehidupan rumah tangganya, dan lain sebagainya.

Kita mungkin malah ‘lupa-lupa ingat’ sejarah hidup nabi, jatuh bangun beliau dalam menegakkan Islam, contoh-contoh prilakunya sehari-hari, serta nilai-nilai universal kehidupan yang beliau ajarkan.

Padahal, meneladani nabi dan kehidupan orang-orang shalih lebih memberikan jaminan kebahagiaan hidup, membangun kesadaran bahwa dunia ini cuma sementara dan sangat singkat, dan menuntun kita membangun masa depan cemerlang di akhirat kelak.
Wallahu a’lam

Sabruljamil.multiply.com
************************************
15 Penderita AIDS Meninggal Dalam Jangka 8 Tahun
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6587.0.html

ANAK INDONESIA RENTAN PENGARUH PORNOGRAFI
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6584.0.html

"Menyeret Pemilik Situs Porno Berdasarkan Perjanjian Kerja"
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6586.0.html

Lima Dari 100 Siswa Slta Di Dki Berhubungan Seks Sebelum Menikah
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php?topic=6581.0

Diperlukan Keseriusan Aparat Perangi Pornografi Anak
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6583.0.html

Menggugat Sinetron Berlatar Sekolah
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6580.0.html

Anak-Anak Binaan Sinetron
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6590.0.html

^.^ Menggugat Tanggung Jawab TV
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,6582.0.html


« Last Edit: March 05, 2008, 09:59:46 am by Muhammad Ihsan »
Logged

Pattzzi

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 19.827
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #1 on: March 05, 2008, 08:03:31 am »

@aqua marine:
bu mod, i don't think diz topic related wif sinetron thread lah..
Logged

[lovestruck] tampak JANTAN [lovestruck]

babyhuwey

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 515
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #2 on: March 05, 2008, 03:07:01 pm »

Astaga... si mas ini udah bikin 3 topic yg intinya sama..ngedemo teve n sinetron.. ini maksudnya mau ngedemo kita para pengamat sinet dan teve atau gimana seh..
gw ngerasa aneh aja ni org teriak-teriak menghujat sesuatu di komunitas yang berlawanan dengannya.
Heloooowww...??
Logged
THE GODFATHER trilogy....LIFETIME BEST MOVIE...BEST CAST..BEST STORY..

Nopz

  • Tomodachi
  • ****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3.695
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #3 on: March 05, 2008, 03:08:49 pm »

gak penting bgt c,,, mrotes sinetron... kalo gak suka yah gak usah tonton tipi lah susah2 amat c..  :P
Logged
edward cullen:"I'm the world's most dangerous predator. Everything about me invites you in. My voice, my face, even my smell. As if I would need any of that. As if you could outrun me. As if you could fight me off. I'm designed to kill. "

babyhuwey

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 515
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #4 on: March 05, 2008, 03:16:49 pm »

gak penting bgt c,,, mrotes sinetron... kalo gak suka yah gak usah tonton tipi lah susah2 amat c..  :P

kan yang dihujat televisi.. ga usah beli teve sekalian.. atau kalo perlu, semua barang elektronik itu menyesatkan looh!;
Kulkas bisa bikin org minum yg dingin2 trus jadi batuk pilek....
Kipas angin..bisa bikin masuk angin..
AC bisa bikin tagihan listrik membengkak..
Home teather...mahal...
setrikaan..kalo gak dicabut bisa kebakaran..
lampu...kalo mendadak mati berarti ada setan...
WAAAH TERNYATA SEMUA BARANG ELEKTRONIK ITU MENYESATKAAAAAN...!!! ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D
Logged
THE GODFATHER trilogy....LIFETIME BEST MOVIE...BEST CAST..BEST STORY..

jc_glorify

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 210
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #5 on: March 05, 2008, 04:37:32 pm »

Kayaknya dari sinetron malah bisa belajar deh... yang mana yang ok dan nggak oke dilakukan... :D :D
Logged

boris_lee

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.338
    • LeeAndLay WebHouse
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #6 on: March 06, 2008, 06:48:02 pm »

dah bosen ama yang beginian gak akan selesai-selesai dibahas toh tuh produser gak akan berubah selama selera orang indonesia (kebanyakan) juga gak berubah, ada supply karena ada demand, gue juga sebel tapi udah capeek ngebahasnya
Logged
New Webhouse in the town !! melayani kamu yang ingin mempunyai website untuk perusahaan, toko online, personal, band kamu, dll..dengan harga yang terjangka dan fungsionalitas yang maksimum...komisi 10% buat kamu yang punya kenalan dan mau menawarkan jasa pembuatan kami kepada mereka.
Just come and visit!!
http://www.leeandlay.com

ayu-fan

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 745
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #7 on: March 07, 2008, 02:28:57 am »

woi TSnya nge-junk aja nih.

aiiysch

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 963
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #8 on: March 07, 2008, 08:55:02 am »

sinetron itu cuma memenuhi selera konsumen, buktinya klo gak laku bakal ditamatin kan?
Logged
I never being serious, but if I have to, I will

carlitos

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3.044
Re: Anak-Anak Binaan Sinetron
« Reply #9 on: March 07, 2008, 10:18:42 am »

menurut gw selama sinet masih mendatangkan duit.....tetep aja akan trus ada........
Logged
Pages: [1] 2   Go Up