;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2 3 4 5 6   Go Down

Author Topic: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?  (Read 8037 times)

Shooter

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.632
  • I'm wicked!
Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« on: February 26, 2011, 06:20:11 pm »

Mana yg kalian pilih ? (coba bedakan dengan mana yg lebih penting yah), yg gw mau tau mana yg kalian pilih,

Apakah mendingan IP atau pengalaman, krn temen gw banyak banget yg bilang pengalaman and pengetahuan itu lebih penting ... tapi pas dpt nilai B, langsung kesel 1/2 mati.. Ip-nya turun sedikit aja ga terima. So ngaku aja disini kalian pilih yg mana ?, jgn bilang 2"nya penting. klise ah .. pilih salah satu lah klo kalian dikasi pilihan, mau ip tinggi atau pengalaman/knowlegde.
Contoh: Ip ga masalah ga cum laude, yg penting gw lebih ngerti dari pada ip yg lebih tinggi dari gw. Trus kasi alasannya, kenapa pilih ipk atau pengalaman, jujur aja.
Apalagi org indonesia itu prejudice, klo ipk tinggi pasti orgnya pinter .. makanya banyak yg mau ipk-nya tinggi, biar ga malu"in jg klo ditanya ipk-nya berapa, kebalikannya jg klo ipnya rendah, pasti dianggap stupid atau males orgnya.
Logged


YOU WILL NEVER WALK ALONE

midorima

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13.576
  • Which of your Lord favour would you deny?
    • Colourless Green Ideas Sleep Furiously
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #1 on: February 26, 2011, 06:27:46 pm »

curaaaang. pilih dua2nya nggak boleh tp ada pilihan "nggak peduli sm dua2nya" [laughing]

karena gue pilih dua2nya. tp tentunya gue lebih suka IPK. bukan krn gengsi atau apa, enak aja kalo ada IPK, ada patokan yg dikejar. ada standar belajar. jd kalo IPK udh goyang, ah ini tanda2 mulai ga fokus nih. jd gt sih, bagi gue IPK itu "penanda" dan motivator belajar.  [hmpfh]

temenmu orgnya ambisius/perfeksionis kali. dia tau IPK itu cuma angka, tp angka itu penentu dari faktor2 yg lain. [hmpfh]
dia emg ngejar pengalaman dan pengetahuan, tapi ya itu tadi... mungkin bagi dia IPK itu bagi dia patokan belajar kita naik atau turun. kalo biasanya dia dpt nilai A terus tiba2 dpt nilai B kan berarti itu indikator: something's wrong. entah cara dia bagi waktu, cara dia belajar, atau dia kurang ngerti gimana penilaian dosennya

soalnya kalo nilai saya turun dan saya tiba2 jd lesu ya alasannya itu. pasti ada yg salah, jd saya pasti cari tahu di mana yg salah supaya IPK-nya bisa naik.
Logged

Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. (Al Hadid: 21)

silverhair

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6.254
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #2 on: February 26, 2011, 06:47:38 pm »

kalo masih kuliah, mending pentingin ipk. lebih baik ipk tinggi terus bisa ambil sks banyak dan cepat lulus biar hemat biaya kuliah.
tapi jangan terlalu fokus sama IPK tinggi, sedikit2 ikut organisasi kuliah buat tambah softskill
abis tamat kuliah baru cari pengelaman kerja.
berarti aku tipikal indonesia yg prejudice yah ;D ;D

Quote
Ip ga masalah ga cum laude, yg penting gw lebih ngerti dari pada ip yg lebih tinggi dari gw.
ini maksudnya gimana, kalo emang dia merasa lebih ngerti kenapa ga dapat ipk bagus.
soalnya aku ambil manajemen sih, di kuliahku kalo dia rajin ngomong di kelas dan presentasi tugasnya bagus ( yg memperlihatkan bahwa dia lebih ngerti), maka bakal dapat nilai bagus dr dosen. selain itu ujiannya pake kasus yang menunjukkan pemahaman kita atas teori2.
Logged

midorima

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13.576
  • Which of your Lord favour would you deny?
    • Colourless Green Ideas Sleep Furiously
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #3 on: February 26, 2011, 08:01:24 pm »

mungkin maksudnya shooter: IPK ga menjamin seseorang mengerti suatu ilmu/pelajaran karena penilaian dosen2 juga subjektif.  [biggrin]

kalo manajemen tuh kan teorinya dihafalin ya. jadi yg makan buku ketahuan lah sama yg cuap2.

nah, kalo ilmu2 yg agak multiinterpretasi kyk sastra tuh rada kasihan. kadang aku liat temen2ku, pemikiran mereka "rasional" tp karena nggak sesuai sm interpretasi dosen tertentu akhirnya nilainya berkurang. aku jg pernah digituin sih sm salah satu dosen. krn nggak setuju sm konsep atheisme nilaiku pernah dikurangin. sejak saat itu, aku hati2 dalam menjawab soal atau pertanyaan di kelas. mesti ngeliat sifat dosen itu. kalo dosennya emg tipe ga mau/ga bisa dilawan, ya sedapat mungkin cari jawaban yg netral dan ga terlalu menyudutkan pendapatnya meskipun inti jawabannya adalah kita ga setuju sm pendapatnya.
Logged

Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. (Al Hadid: 21)

frozenb

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6.841
  • YATTA!! Dapet pasang ava juga...
    • Blog Frozenb
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #4 on: February 26, 2011, 09:57:36 pm »

gw milih pengalaman... bagaimanapun pintarnya orang, tanpa pengalaman, ga ada gunanya...
Logged

c_4_chaty

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 774
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #5 on: February 26, 2011, 10:11:23 pm »

kalo di kampus, setuju kalo ipk pasti lebih penting.
kenapa?
1. gak malu-maluin kalo ditanya temen [hmpfh]
2. ada rasa bangga tersendiri kalo punya ipk tinggi, rasanya "aman" [hip]
3. bikin bangga ortu lah, udah sekolahin mahal2 pasti harapannya bisa dapat yang terbaik dari anaknya
4. seenggaknya ada 1 kualifikasi untuk kerja (untuk lamar kerja biasanya ada batasan ip tertentu atau kalo mau apply beasiswa ip "kadang" menetukan)

masalah pengalaman, gw rasa anak2 dengan ipk tinggi rata-rata pasti "bisa" kalo dibuang ke lapangan. istilahnya udah punya basic yang kuat. Beda kalo yang ditanya suksesan mana dalam pekerjaan yang ipknya tinggi atau yang punya pengalaman/ kebanyakan jawaban mungkin yang punya pengalaman (gw sendiri gak yakin, soalnya masih kuliah, hehehe :D )
Logged

midorima

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13.576
  • Which of your Lord favour would you deny?
    • Colourless Green Ideas Sleep Furiously
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #6 on: February 27, 2011, 03:20:32 am »


masalah pengalaman, gw rasa anak2 dengan ipk tinggi rata-rata pasti "bisa" kalo dibuang ke lapangan.


make sense sih. soalnya utk ngedapetin IPK tinggi mereka udh "menderita" dulu, jd kalopun harus menyesuaikan diri dgn pengalaman2 baru, mereka secara tdk langsung udh punya antisipasi buat ngatasin hal2 itu di dunia kerja. jd biar ga ada pengalaman tp menderita2 dikit gapapa. ;D ;D

sekali lagi, ini kalo penilaian dosen2nya adil ya. krn utk dpt nilai bagus kan seharusnya mahasiswa itu rajin masuk kelas, rajin merhatiin "sistem" penilaian di kelas, kalo kerja kelompok nggak free rider, cara dia menjawab pertanyaan harus logis dan sistematis (ini semua kan "bekal" juga utk bekerja secara profesional di dunia nyata. bayangin kalo kerja datengnya telat melulu, bisa ga dpt uang makan. kalo ga cepat ngerti tata cara kerja, bs ngerusak kerjaan banyak org, apalagi kalo cuma jd free rider *tp bahkan di dunia kerja pun ada aja sih org2 yg sukses jd free rider meskipun sebenarnya ini ga profesional).

tp sekali lagi pengalaman sih perlu. krn yg kita dapetin di bangku kuliah itu kan cuma sekedar "teori." Khususnya utk bidang2 yg aplikatif kyk hukum atau penerjemahan, kita nggak bisa bergantung sm teori aja, harus ngalamin juga prakteknya.
Logged

Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. (Al Hadid: 21)

shabutaro

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8.908
  • Itu yang namanya shabutaro
    • shabutaro blog
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #7 on: February 28, 2011, 02:41:11 pm »

Mana yg kalian pilih ? (coba bedakan dengan mana yg lebih penting yah), yg gw mau tau mana yg kalian pilih,


saya pilih IPK tentu saja [hip]
IPK kan standar nilai mahasiswa. mau dia pengalamannya belasan tahun kek, tapi kalau ipnya satukoma, sama aja [hmpfh]
Logged

~live for lautan indonesia~

Shooter

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.632
  • I'm wicked!
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #8 on: February 28, 2011, 07:35:56 pm »

Kalian kan tau klo kuliah itu kalian boleh milih" dosen-nya  biasanya Dosen pelit sama ga pelit, biasanya dosen pelit itu malah ngajarnya bagus dan susah banget dpt nilai dia. Jadi maksud gw org yg IPK-nya tinggi belum tentu di tes di subjek yg sama dia lebih ngerti, dia hanya mau cari gampangnya aja. Jadi kyk temen gw , dia udah prejudice bgt klo ambil dosen itu bakal ngefek nilai dia krn dia pelit ( walau dia tau klo sama dosen itu pasti dpt lebih pengetahuan dan ngerti) akhirnya dia ambil dosen yg santai" aja yg dikit kasi tugas, yg penting bisa dpt nilai A dengan gmpng.

Btw Beberapa bener IPK tinggi itu mungkin org-nya bakal bisa, tapi ga seterusnya jg sih. Malah kadang org yg IPK tinggi ga bisa merealisasikan apa yg dia pelajari, lebih stress krn pas kerja. Ini bukan nilai lagi yg dikejar.

Oh banyak yg pilih IP yah .. yah gw jg milih ip sih tapi ga sampe gw mesti paling tinggi di kelas ( gw jg ga berminat belajar mati"an, yah istilah gw masi lulus memuaskanlah).

curaaaang. pilih dua2nya nggak boleh tp ada pilihan "nggak peduli sm dua2nya" [laughing]


Kalian yg curang, klo gw masukin option 2"nya, pasti semua bakal pilih 2"nya ... , makanya gw paksa kalian pilih salah satu.  [hip]
Logged


YOU WILL NEVER WALK ALONE

midorima

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13.576
  • Which of your Lord favour would you deny?
    • Colourless Green Ideas Sleep Furiously
Re: Mana yg lo pilih, IPK tinggi atau pengalaman?
« Reply #9 on: March 01, 2011, 04:57:45 pm »

ya emang pada kenyataannya kita butuh dua2nya... masa dipaksa utk pilih salah satu ;D ;D

eh kadang nggak bisa milih2 dosen juga loh. di kampus gue yg dulu dosennya itu2 aja. dan kebanyakan dosen yg penilaiannya subjektif malah ngajar mata kuliah yang wajib diambil. ya mau nggak mau kita harus ngehadepin dosen itu.

tp kalo di kampus gue yg sekarang sih... semua dosen penilaiannya standarnya tinggi dan nilainya adil. jd saya pasrah dpt IP berapa aja di sini. [giveup]
Logged

Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. (Al Hadid: 21)
Pages: [1] 2 3 4 5 6   Go Up