;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?  (Read 2324 times)

aysas

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 139
  • This is the point of no return
Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« on: May 22, 2011, 08:42:00 pm »

mau tanya... buat para author-already ma author wannabe...
Apa pertimbangan kalian buat milih penerbit? Apakah penerbitnya kudu gede? Atau nyari yang kepastiannya cepet? Atau apa? Thanks before...
Logged

fireCyclops

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 165
  • I Play - I Inspired - I Create
    • IKU
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #1 on: May 25, 2011, 12:58:06 pm »

krn gw belum tau apa2, gw mau main aman, ke penerbit gede, logikanya kan mereka punya nama yang harus dijaga, jadi kecil kemungkinan mereka mau nakal2an.

tapi dosen gw bilang malah salah satu penerbit gede itu... kadang suka nyetak buku diem2 diluar pengetahuan si author

OmTetsu

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 181
  • biarkan inspirasi dan jiwa menuntun
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #2 on: May 25, 2011, 01:42:27 pm »

honestly naskah ana belum ada yang jebol penerbit sich...tapi pertimbangan ane
milih yang gede secara kalo gede kita mau nuntut atau kontaknya lebih mudah

@fire really? wah harus hati" nich...tapi kalo menrut ane kayak Gramedia or Gagas mereka lebih bersih dan jelas(setahu ane sich....)
Logged

fireCyclops

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 165
  • I Play - I Inspired - I Create
    • IKU
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #3 on: May 25, 2011, 05:40:34 pm »

@om
gw jg awalnya ga curiga ke penerbit G, om...
malah sekarang udah kirim 1 naskah ke sana, tinggal nunggu konfirmasi.
itu kata dosen gw, siapa tau bener, siapa tau cuma gosip kentut kan? hehe

maryos

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8
  • Aspire to Inspire
    • Password: cryztal
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #4 on: June 03, 2011, 02:55:49 pm »

Gak penerbit gede juga gak masalah. Yang penting karya bisa mejeng di toko buku lumayan macam Gramedia.
Paling utama ya pilih penerbit yang sesuai dengan genre tulisan. :)
Logged
I have nothing. :)

fireCyclops

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 165
  • I Play - I Inspired - I Create
    • IKU
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #5 on: June 03, 2011, 05:58:44 pm »

Gak penerbit gede juga gak masalah. Yang penting karya bisa mejeng di toko buku lumayan macam Gramedia.
Paling utama ya pilih penerbit yang sesuai dengan genre tulisan. :)

belum pernah dinakanlin penerbit dia hehehehe [eat]

akire

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.606
  • bweee.....
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #6 on: June 06, 2011, 07:26:28 pm »

ya... kalau disuruh milih sih ya mending ke penerbit gede :D

aku pernah ngirim ke salah satu penerbit baru, tapi pesat banget di dunia buku, banyak penulis yang ngelirik penerbit itu (termasuk aku yg masih pemula), tapi ternyata mereka enggak terlalu profesional, dalam hal konsultasi antara editor-penulis, hasil cetak buku, bahkan masalah royalti.
tapi kalo soal royalti sih aku kurang tahu juga, karena aku juga gak terlalu tahu berapa banyak buku yang sebenernya terjual (masa iya aku ngecekin toko buku satu2? XD )
cuma dari laporan royaltinya udah kelihatan banget kalau manajemennya kurang prof, atau setidaknya gak kayak penerbit2 gede lainnya XD~

jadi mending serahin naskah ke penerbit yang udah kelihatan banget sayapnya :D walau konfirmasi penerimaan naskahnya lama banget, aku rasa itu bukan masalah, kalau naskah kita emang bener-bener bagus ya pasti jebol deh ke penerbit itu XD
kalaupun ditolak... kita masih bisa menghibur diri : penerbit gede gitu lho... emang enggak semua orang bisa nembus XD~
Logged

juliettehasagun

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 118
  • My Bleeding Romeo
    • Personal Blog
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #7 on: September 09, 2011, 09:58:12 am »

Novel pertamaku diterbitkan oleh Buah Hati. Alasannya? Kebetulan kenal editor  di sana  [hmpfh] Tapi bukan berarti mulus-mulus aja. Sempat lama banget menunggu ketidakpastian dan baru sekarang terbit. Jadi sampai sekarang belum tahu hasil penjualannya. Persentase royalti juga kecil. Tetapi karena novel pertama. Yo wislah. Next time insya Allah bargaining power gue lebih gede.  ;)

Menurut gue selain kejelasan penerbit, kalau bisa cari editor yang asyik, dalam artian membantu membantu kamu main jago menulis. Lihat juga gimana bagian supporting kaya' bagian promosinya. Seberapa supportive-nya mereka dalam mendukung naskah kamu? Tentu saja dirimu nggak bisa mengandalkan mereka untuk jualan bukumu, sih. Tapi paling gak kalau dari pihak penerbit lumayan care sama bukumu, enak aja jadinya.
Logged
Tentang Buku dan Cerita Misteri Indonesia Jejak Darah
Twitter: @deetopia
Personal Blog: Deetopia

Luna_TR

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.154
    • http://novelku.com
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #8 on: September 15, 2011, 08:28:26 am »

@om
gw jg awalnya ga curiga ke penerbit G, om...
malah sekarang udah kirim 1 naskah ke sana, tinggal nunggu konfirmasi.
itu kata dosen gw, siapa tau bener, siapa tau cuma gosip kentut kan? hehe
Untung sejauh ini kerjasama gw dengan salah satu penerbit gede nggak ada masalah...fine2 aja. Malah gw jd akrab ama editor gw dan editor2 disana,  juga bagian lainnya seperti bagian promosi dll. Soalnya orang2nya rata2 asyik diajak ngobrol (walau nggak semua sih). Jadi kalo main kesana udah nggak canggung lagi. Bahkan kadang-kadang baru nongol di pintu, udah disahutin kayak pasar :)

Bener kata @akire, perbedaan penerbit gede dengan kecil itu biasanya soal profesionalitas. Penerbit gede mungkin karena udah pengalaman, biasanay sangat teratur terutama mengenai hal2 yang berhubungan dengan kontrak, royalti dll. Selama ini gw nggak pernah masalah dengan itu, bahkan kadang2 suka kaget sendiri, royalti tau2 keluarnya lebih cepet dari yang diperkirakan hee..hee...heee

Gak penerbit gede juga gak masalah. Yang penting karya bisa mejeng di toko buku lumayan macam Gramedia.
Paling utama ya pilih penerbit yang sesuai dengan genre tulisan. :)

Emang nggak masalah kalo cuman mo nerbitin buku doang. Yang jadi masalah kalo udah menyangkut soal distribusi dan promosi. Salah satu keuntungan penerbit gede adalah mereka udah punya jaringan pemasaran yang kuat, hingga buku2 terbitan mereka dapat didistribusikan lebih luas dalam durasi yang lama ditoko2 buku. Ini terkait dengan biaya juga. Nggak seperti penerbit kecil yang akdang2 nggak jelas bukunay dijual dimana, udah begitu kalo dijual di toko buku gede, ngagk samep seminggu udah diturunin tuh buku dari rak kalo penjualannay gak bagus, diganti oleh buku lain, karena posisi tawarnya nggak sekuat penerbit gede. Udah bukan rahasia lagi kalo buku yang lama mejeng di rak toko buku gede itu buku yang LARIS PENJUALANNYA atau yang punya penerbit yang punya dana gede untuk dipajang disitu juga ada biayanya loh...

Satu lagi keuntungan nerbitin di penerbit gede. Penulis SAMA SEKALI NGGAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN untuk menerbitkan bukunya. Menurut cerita teman2 penulis, ada beberapa penerbit kecil yang minta biaya pada penulis supaya bukunya bisa terbit, bahkan ada yang minta supaya ongkos produksi ditanggung penulis. Gila apa....?? jadi apa gunanya penerbit kalo penulis harus ngeluarin duit sendiri buat nerbitin bukunya, mo mejeng nama doang? Sedang keuntungan tetep lebih besar masuk ke penerbit. Mending nerbitin sendiri kalo gitu...  [hammer]

btw...lama juga nggak posting disini...... jadi kangen :D
« Last Edit: September 15, 2011, 08:33:16 am by Luna_TR »
Logged

Monox D. I-Fly

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 762
Re: Apa pertimbangan kalian milih penerbit?
« Reply #9 on: October 11, 2016, 12:04:36 pm »

aku pernah ngirim ke salah satu penerbit baru, tapi pesat banget di dunia buku, banyak penulis yang ngelirik penerbit itu (termasuk aku yg masih pemula), tapi ternyata mereka enggak terlalu profesional, dalam hal konsultasi antara editor-penulis, hasil cetak buku, bahkan masalah royalti.
tapi kalo soal royalti sih aku kurang tahu juga, karena aku juga gak terlalu tahu berapa banyak buku yang sebenernya terjual (masa iya aku ngecekin toko buku satu2? XD )
cuma dari laporan royaltinya udah kelihatan banget kalau manajemennya kurang prof, atau setidaknya gak kayak penerbit2 gede lainnya XD~

Emang itu kasusnya gimana? Ceritain lebih rinci dong...
Logged
Salam dekek. Jo para Inyek jo Cindako, ambo badiam di talinan inda putuy, sabab mandari pado ako, garo mandari pado harimau! Berubah! Satria Harimau, Torga!
Pages: [1] 2   Go Up